Semarak Hut RI Ke-75, Pelindo 1 Tanam 2.020 Pohon Mangrove

IMG-20240310-164257

Belawan, TRIBRATA TV

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus mewujudkan kepedulian dan komitmen untuk berkontribusi nyata bagi dunia pendidikan dan kelestarian lingkungan, khususnya kelestarian ekosistem laut di wilayah pesisir.

IMG-20240227-124711

Salah satunya melalui kegiatan penanaman mangrove, dimana mangrove merupakan ekosistem yang memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, pencegah abrasi dan erosi, dan memperbaiki kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali, Rabu (12/8/2020).

Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dan dalam menyambut HUT RI ke-75, Pelindo 1 hadir dengan melakukan rangkaian program CSR (Corporate Social Rensposibility) dengan tema “Cintai Mangrove Sejak Dini”, yang diisi dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan seperti penanaman 2.020 bibit mangrove, bantuan 8 set alat pangkas, bantuan untuk Rumah Baca Merah Putih senilai Rp17 juta tahap I dan Rp13 juta tahap II, serta pangkas gratis untuk 75 orang anak.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2020 di Danau Siombak, yang bekerjasama dengan Rumah Mangrove Indonesia dan Rumah Baca Merah Putih.

Penanaman mangrove ini dilakukan di 2 lokasi, yaitu di sepanjang pesisir Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan dan muara sungai Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

“Kita harapkan dengan penanaman mangrove ini dapat memperkuat pesisir dan mengurangi abrasi pantai, dan berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini kita juga mengedukasi masyarakat dan anak-anak yang merupakan generasi muda, agar peduli pentingnya menjaga ekosistem laut bagi kelestarian lingkungan kita, dimana hal ini adalah salah satu bentuk kontribusi kita bagi negara,” ujar Direktur Utama Pelindo 1, Dani Rusli Utama dalam sambutannya.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Martuani Sormin mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Pelindo 1.

“Hutan mangrove sangat berfungsi sebagai pagar terdepan menjaga garis pantai, kemudian juga berguna sebagai tempat berkembang biak biota laut, hingga menyediakan ekosistem alami serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat di sekitarnya. Saya mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan menanamkan kecintaan mangrove sejak dini kepada anak-anak kita,” jelas Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin.

“Bantuan ini akan dimanfaatkan untuk renovasi fasilitas Rumah Baca Danau Siombak dan penambahan buku-buku sehingga anak-anak yang belajar didalamnya mendapatkan akses perpustakaan dan buku yang baik,” jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami.

Anak-anak yang mendapatkan bantuan pangkas gratis juga dibekali dengan edukasi tentang peran penting pelabuhan dan dunia maritim yang bertujuan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap dunia maritim sejak dini.

“Selain itu kami juga mengajarkan tentang pedoman protokol kesehatan serta edukasi tentang manfaat tanaman mangrove bagi kelestarian lingkungan yang dibawakan oleh Wibi Nugraha, penggiat mangrove di Kota Medan dan Erlianto, penggiat mangrove di Taman Wisata Danau Siombak,” jelas Fiona.

Selain dihadiri oleh Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin beserta jajarannya, kegiatan penanaman mangrove ini juga dihadiri segenap jajaran Direksi Pelindo 1, Camat Medan Belawan, Camat Medan Marelan, Danramil Medan Marelan, Rektor Universitas Pancabudi, dan para penggiat lingkungan di Kota Medan.
(P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *