Semarak Perayaan HUT RI di Kabupaten Sitaro

IMG-20240310-164257

Sitaro, TRIBRATA TV

Tiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dideklarasikan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang. Ketika itu bertepatan dengan bulan Ramadhan 1365 H.

IMG-20240227-124711

Teks proklamasi dibacakan Soekarno dengan didampingi Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Sejarah dimulai, dimana pada awalnya Belanda lah yang menguasai Indonesia, selama masa itu para pejuang kita mati-matian berjuang untuk merebut kemerdekaan.

Kemudian dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya“, Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan tentara Jepang ke pusat pertahanan Amerika Serikat yang dikenal dengan “Pearl Harbour” pada 8 Desember 1941.

Kemudian tentara Jepang dengan angkatan laut dan angkatan udaranya semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indocina, Filipina, Malaya dan Indonesia. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda.

Mereka kemudian dengan cepat menguasai banyak wilayah di Indonesia yang membuat Belanda semakin terdesak dan akhirnya Pemerintah Hindia Belanda menyatakan menyerah kepada Jepang pada tahun 1942.

Latar belakang kemerdekaan Indonesia diawali dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu yang terdiri dari Amerika Serikat, Britania Raya, Uni Soviet, dan Tiongkok, karena pada tanggal 6 Agustus 1945 Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima.

Kemudian tiga hari kemudian tanggal 9 Agustus 1945 bom atom kedua dijatuhkan di Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang itu hancur rata dengan tanah.

Akhirnya Jepang menyerah secara resmi tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Pernyataan kalah itu dilakukan di kapal Missouri pada tanggal 2 September 1945 oleh Kaisar Hirohito dari pihak Jepang dan Jendral Douglas Mc Arthur dari pihak sekutu.

Setelah melewati berbagai rintangan, akhirnya Soekarno didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta berhasil memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dalam merayakan kemenangan bangsa Indonesia ini, semua lini masyarakat juga pemerintah turut berpartisipasi secara aktif dalam menyambut semarak Proklamasi Kemerdekaan RI begitu pun Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Mendasarkan surat edaran dari Menteri Sekretaris Negara selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 tentang Penyampaian  Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022 disampaikan Tema Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022  adalah “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Dalam surat edaran tersebut mengajak seluruh warga untuk turut serta berpartisipasi dengan melaksanakan hal-hal antara lain sebagai berikut:

1. Mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1-31 Agustus 2022.

2. Memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya, secara serentak sejak tanggal 20 Juli-31 Agustus 2022.

3. Mengimplementasikan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-77 Kemerdekaan Rl Tahun 2022 ke dalam berbagai bentuk media, antara lain desain/tampilan situs/media sosial, tayangan pada media televisi dan daring, dekorasi bangunan, dekorasi kendaraan/alat transportasi umum dan dinas, produk/souvenir, media publikasi cetak, elektronik, dan lain-lain, sesuai dengan kapasitas dan kemampuan masing-masing.

4. Menyelenggarakan program dan kegiatan, baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan Bulan Kemerdekaan.

5. Pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 10.17-10.20 WIB, selama 3 menit, menghentikan semua kegiatan. Berdiri tegap saat Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan daerah, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi. Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi setiap orang dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri dan orang lain apabila dihentikan.

Untuk mendukung pelaksanaannya, jajaran TNI dan Polri, serta kantor-kantor instansi pemerintah maupun swasta agar memperdengarkan şirine atau şuara penanda lainnya sebelum Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Untuk menyemarakan HUT RI,Pemerintah Kabupaten Sitaro menggelar berbagai kegiatan. Bupati Sitaro Evangelian Sasingen pun membuka rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77 pada Jumat, (05/08/2022).

“Mari kita bersyukur kepada Tuhan, atas penyertaaNya sehingga kita boleh hadir saat ini dalam launching dimulainya kegiatan-kegiatan memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, “katanya di halaman Kantor Bupati.

Kegiatan pertama yang akan dilaksanakan adalah Lomba Gerak Jalan yang diikuti oleh peserta gerak jalan tingkat SD dan SMP, dan dilanjutkan pada Senin 8 Agustus 2022 untuk tingkat SMA, SMK, OPD dan Umum.

Selain itu kegiatan lainnya antara lain Lomba Poco-Poco kategori SD/SMA pada Selasa, 09 Agustus 2022. Sedangkan kategori SMA/SMK/OPD/Umum dilaksanakan Kamis, 11 Agustus 2O22. Lomba Penulisan/Cipta Puisi kategori SD/SMP dilaksanakan pada Jumat 12 Januari 2022. Lomba Sitaro Idol kategori OPD dan Umum pada Jumat 12 Agustus 2022 dan terakhir Lomba Line Dance dilaksanakan pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

Bupati berharap kiranya semua kegiatan akan berlangsung dengan meriah sesuai dengan Tema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat.

“Mari kita sama – sama sukseskan agar seluruh kegiatan ini boleh berjalan dengan baik, meriah dan sukses dengan semarak menyambut HUT ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, “kata Evangelian.

Melalui berbagai perayaan, yakni aneka perlombaan, serta acara puncak upacara bendera dan lainnya semakin membuat masyarakat dapat mencintai tanah airnya. Semua perayaan diperuntukkan dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, tentu dengan berpartisipasi merayakannya berarti masyarakat pun mencintai tanah air dan semangat nasionalisme kian terpelihara. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *