Kawasan Wisata Pantai Jagu Lhokseumawe Rusak Terkikis Air Laut

IMG-20240409-WA0076

Lhokseumawe, TRIBRATA TV

Kawasan Wisata Pantai JAGU (Jawa Hagu) Desa Kampung Jawa dan Hagu Selatan yang teletak di Kota Lhokseumawe adalah ikon wisata pesisir pantai Kota Lhokseumawe.

IMG-20240227-124711

Kawasan wisata dengan nuansa pantai dan lautnya serta dilengkapi dengan sederet coffee & resto menjadi daya tarik wisata lokal maupun luar Lhokseumawe.

Namun sangat disayangkan, akses jalan dikawasan tersebut rusak parah akibat terkikis air laut (ombak laut). Pasalnya di sepanjang pesisir pantai itu tidak ada Jeti atau batu pemecah ombak.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Desa Hagu Selatan, Zulfitrian. Menurutnya, abrasi atau pengikisan tersebut terjadi karena ketika saat pembangunan jalan tidak dipasang batu pemecah ombak (Jeti) sehingga ketika terjadi air pasang, ombak air laut menghantam jalan tersebut hinggga rusak parah.

Menurutnya permasalahan ini telah disampaikan kepada Pemerintah Kota Lhokseumawe dengan harapan Pemkot dibawah kepemimpinan PJ Walikota, Imran segera mengagendakan permasalahan Jeti tersebut ke dalam program kerjanya.

“Saya juga sudah menjambani ke DPR RI dan bertemu dengan bapak Ilham Pengestu anggota Komisi V yang membawahi kementerian PUPR dan kita telah menyampaikan kawasan wisata JAGU membutuhkan perhatian. Alhamdulillah beliau juga sudah pernah turun ke lokasi dan sudah melihat kondisinya begitu parah, beliau juga sudah memperjuangkannya pada tingkat pembahasan di DPR RI di kementerian,” ujarnya.

Dikatakannya ia sangat berharap kehadiran pemerintah pusat dalam menyelesaikan atau membangun Jeti (batu pemecah ombak) tersebut. Karena dengan adanya Jeti inilah warga di pesisir mungkin bisa hidup tenang. Sebab setiap tahun kadang setahun dua kali terjadi pasang purnama yang menyebabkan naiknya air laut.

“Air laut itu menyebabkan jalan rusak akibat pengikikisan dan serta dampak yang begitu besar ketika hantaman ombak laut itu menghantam dan kadang menembus dinding-dinding rumah warga”, pungkas Zulfitrian pada TRIBRATA TV. (m zubir)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *