IMG-20240409-WA0045
Hukum  

Nikah Lagi Tanpa Izin, Bupati Banyuasin Askolani Dilaporkan Ke Polda Sumsel

IMG-20240409-WA0076

Palembang, TRIBRATA TV

Diduga menikah lagi tanpa izin, Askolani, Bupati Bayuasin dilaporkan seorang wanita yang mengaku sebagai istri sahnya berinisial NY (42) ke SPKT Polda Sumsel, Minggu (31/7/2022).

IMG-20240227-124711

NY mendatangi SPKT Polda Sumsel bersama pengacaranya, melaporkan Askolani. NY menyebutkan suaminya telah menikah laki tanpa seizinnya.

Penasehat Hukum NY, Ana Ariyanto mengatakan, NY memiliki buku nikah yang sah dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kertapati Palembang, dan mereka telah memiliki anak lelaki berusia tujuh tahun.

“NY ini adalah istri sahnya dari Askolani, berdasarkan Akta Nikah Nomor: 736/22/XII/2014, dari KUA Kertapati Palembang, mereka menikah Desember 2014,” ujarnya.

“Bupati Banyuasin Askolani kita laporkan karena diduga telah melanggar Undang-Undang No 1 tahun 1946 Pasal 279 KUHP tentang Perkawinan,” ujarnya.

Menurutnya sepanjang belum ada putusan dari Pengadilan Agama, bisa dikatakan NY masih istri sah, NY melapor soal nafkah dan pernikahan terlapor yang tanpa seizin NY.

“NY dan anaknya yang berumur 7 tahun tidak pernah lagi dinafkahi sejak April 2018. Dia baru melaporkan hal ini karena kendala COVID-19 dan baru bisa melapor saat ini,” ungkapnya.

“Berdasarkan pengakuan NY dia tidak mengetahui terlapor akan menikah lagi. Informasi itu diketahui setelah
menikah,” ujar Ana Ariyanto.

Askolani diketahui menikah dengan orang lain sejak Juni 2019.

“Pelapor meminta kepastian hukum dan juga memperjuangkan atas haknya dan kewajiban dan tanggung jawab terlapor dalam masalah ini, salah satunya soal nafkah,” katanya.

Sementara itu, Askolani saat dimintai klarifikasi mengaku belum dapat memberikan keterangan atas laporan itu. Sebab saat ini ia sedang berada di Bogor.

“Nanti besok saya pulang ke Palembang,” katanya melalui pesan singkatnya.

Sementara Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi saat dikonfirmasi menegaskan belum menerima informasi terkait laporan yang masuk ke SPKT Polda Sumsel.

“Saya lagi terapi. Maaf ya, nanti coba saya tanyakan dulu ya (terkait laporan NY),” kata Supriadi singkat. (Suherman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *