IMG-20240409-WA0045

Bupati Nias Berhentikan Pj.Kades Banuasibohou, Teheziduhu Hulu

IMG-20240409-WA0076

Nias, TRIBRATA TV

Bupati Nias, Ya’atulo Gulo memberhentikan Pj.Kepala Desa Teheziduhu Hulu dan mengangkat Aromoni Halawa, sebagai Pj.Kepala Desa Banuasibohou Silimaewali Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias, Sumatera Utara.

IMG-20240227-124711

Diketahui, DPD LSM-NAWACITA Kepulauan Nias telah melaporkan Pj.Kades Banuasibohou Teheziduhu Hulu ke Inspektorat Kabupaten Nias pada 9 Februari 2021 atas penyelewengan Dana Desa Tahun Anggaran 2020.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi tim auditor Inspektorat Wilayah Kabupaten Nias pada tanggal 26 Maret 2021, ditemukan ada beberapa item kejanggalan pengerjaan fasilitas Desa yang belum rampung dilaksanakan 100% oleh Pj.Kades Teheziduhu Hulu.

Akibat dari perbuatan Pj.Kades tersebut ditemukan beberapa kerugian keuangan desa, akhirnya pihak Inspektorat Wilayah Kabupaten Nias menerbitkan surat penegasan untuk dipertanggungjawabkan.

Akhirnya Bupati mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Nias Nomor: 141/334/K/Tahun 2021 tentang pemberhentian Teheziduhu Hulu dari Pj. Kepala Desa Banuasibohou Silimaewali Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias dan Surat Keputusan Bupati Nias Nomor: 141/335/K/ Tahun 2021 tentang pengangkatan Aromoni Halawa, SH sebagai Pj. Kepala Desa Banuasibohou Silimaewali Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Nias tersebut, Camat Bawolato mengambil sumpah Pj.Kepala Desa Banuasibohou Silimaewali sekaligus serah terima jabatan Pj.Kades lama pada Pj.Kades yang baru.

Pengambilan sumpah tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Bawolato Kabupaten Nias, Senin (26/7/2021).

Pada acara tersebut hadir Sekcam Bawolato Bezatulo Ndraha, S.Pd, Kapolsek Bawolato AKP Benyamin Lase, Babinsa Koramil 03/Idanogawo, Ketua dan Anggota BPD, perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa Banuasibohou Silimaewali.

Pada arahannya Camat mengucapkan terimaksih kepada Pj.Kades lama atas pengabdiannya dan kepada Pj.Kades yang baru dilantik, ia berharap semoga menjadi pemimpin berkarakter, memiliki kualifikasi profesional, objektif dan amanah.

Tohuzatulo Hulu, seorang tokoh Masyarakat Desa Banuasibohou Silimaewali mengucapkan terimakasih kepada Bupati Nias, Kepala Dinas PMD dan Camat Bawolato yang telah mengambil tindakan.

“Juga kepada DPD LSM-NAWACITA yang selama ini telah meluangkan waktu bahkan bekerja sama dengan pemerintah untuk menampung, memproses, mengelola dan melaksanakan semua aspirasi masyarakat,” tuturnya. (F.Lase)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *