Video: Longsor di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut

IMG-20240310-164257

Siau, TRIBRATA TV

Akibat hujan deras disertai angin kencang beberapa wilayah di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara mengalami bencana lonsor dan banjir bandang pada Jumat 16 Juli 2021 lalu.

IMG-20240227-124711

Hal ini sebagai dampak dari siklon tropis IN-FA yang sudah diprediksi akan terjadi pada 16-17 Juli selama satu pekan kedepan di teluk Manado hingga Nusa Utara dan pesisir Selatan Sulawesi Utara.

Perubahan cuaca ini menyebabkan banjir bandang yang disertai dengan longsoran material Gunung Api Karangetang di Kecamatan Siau Barat Utara, tepatnya di Kampung Kinali, Kampung Kawahang, dan Kampung Kiawang.

Pemerintah daerah sendiri melalui BPBD dan juga personel kepolisian sektor Siau Barat langsung mendatangi lokasi kejadian untuk membersihkan sisa-sisa material bencana dibantu masyarakat setempat.

BPBD Kabupaten Sitaro bersama Dinas PUPR membuka akses jalan yang tertutup material dengan menggunakan alat berat.

Tercatat akibat bencana ini 1 unit rumah warga rusak dan 1 unit warung yang hilang di Kampung Kawahang. Juga menyebabkan kerusakan infrastruktur jalan di Kampung Kinali. Bahkan di Kampung Kiawang diterpa banjir bandang.

BPBD berharap masyarakat waspada atas kondisi cuaca yang masih belum stabil. (Jemy)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *