Tim Gabungan Tangkap Kapal Selundupkan Baju Bekas

IMG-20240310-164257

Tanjung Balai, TRIBRATA TV

Tim gabungan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) Lantamal I bersama Bea Cukai dan Polair menangkap Kapal Kayu KM Doa Ibu GT 31 yang bermuatan 300 karung Balpress pakaian bekas di Sungai Baru Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Sabtu (11/7/2020).

IMG-20240227-124711

Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Dafris, M.Sc (MS) mengatakan, penangkapan berawal dari didapatinya sejumlah warga yang sedang melakukan bongkar muat belasan bal pakaian bekas diduga dari langsiran kapal kecil di Sei Baru, Asahan. Dari temuan itu dilakukan patroli gabungan yang kemudian menemukan kapal kayu yang dalam keadaan kandas di sekitar Perairan Sei Baru pada Sabtu dinihari.

“Dari hasil pemeriksaan didapati kapal itu dalam keadaan tanpa awak, diduga telah melarikan diri sebelum petugas datang. Tidak ditemukab dokumen/surat keterangan apapun terkait kapal maupun muatan,” katanya.

Balpress merupakan pakaian ketinggalan bekas dengan satuan satu balpres sama dengan 100 kilogram dan biasanya berisi 200-300 pasang pakaian. Seperti diketahui balpres dilarang diimpor berdasarkan keputusan Menteri Perdagangan, karena mengganggu industri tekstil dan konveksi dalam negeri.

Danlanal menambahkan modus operandi yang digunakan para pelaku, balpres diangkut dari negeri tetangga, kaal berusaha melewati lautan lepas untuk menghindari patroli petugas dengan situasi alam yang ekstrim. Kemudian mereka akan melangsir menggunakan kapal-kapal kecil untuk memasuki alur.

“TNI AL, Khususnya Lanal Tanjung Balai Asahan Lantamal I saat ini sedang gencar melakukan patroli baik tersendiri maupun secara gabungan. Lanal akan selalu berupaya mencegah masuknya penyelundupan yang berusaha memasukan tenaga kerja ilegal, komoditi bahkan narkoba,” tegas Danlanal.

KM Do’a Ibu dibawa ke Pangkalan Sarops Kanwil Bea Cukai Sumut di Belawan dengan pengawalan dari BC Teluk Nibung dan Kapal Patroli BC 20009 setelah selama pengisian BBM sampai dengan kapal bertolak dari Muara Sei Baru dilakukan pengamanan oleh Tim Sea Rider Lanal Tanjung Balai Asahan.(P.Sitorus/Dispen Lantamal 1)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *