Kepala BNPB Minta Pengunungan Cycloop Papua Dijaga dari Tangan Jahil

IMG-20240310-164257

Jayapura, TRIBRATA TV

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pusat mengunjungi Posyandu Kampung Sereh Jalan Pos 7 Atas Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (7/7/2020).

IMG-20240227-124711

Kedatangan TGPP dan rombongan untuk meresmikan mesin pengolahan sagu dan mesin pengasapan ikan yang merupakan bantuan dari BNPB kepada kelompok tani Kampung Sereh sekaligus penanam secara simbolis tanaman Yara.

Rombongan GTPP dipimpin Letjen TNI Doni Monardo bersama Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Budaya RI, Prof. Muhajir Efendi, Menteri Kesehatan RI, Trawang Agus Putranto, Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Ganip Wasito, Kemenkopolhukam, Brigjen TNI Armed Wijaya, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dan sejumlah anggota DPR RI.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, dalam sambutannua mengatakan pada 16 Maret 2019 terjadi bencana banjir bandang di Kabupaten Jayapura yang menimbulkan 106 korban jiwa. Banjir itu juga merusak infrastruktur dan sumber daya alam sehingga kegiatan sosial dan ekonomi terganggu dan meninggalkan trauma.

Setahun pasca banjir bandang, Pemkab Jayapura dibantu pemerintah pusat melalui BNPB dan pemerintah provinsi berusaha melakukan perbaikan dan pemulihan keadaan salah satunya pemulihan ekonomi dengan pembangunan rumah sagu dan bantuan mesin pengolahan sagu di enam lokasi yakni Sereh dan Kehiran Distrik Sentani, Maribu dan Sabron Yaru distrik Sentani Barat dan Klaisu distrik Nimbogran, Kamdera distrik Demta.

Selain itu diserahkan juga 25 mesin pengasap ikan yang di bagikan kepada masyarakat di distrik Sentani Timur, distrik Waibu, distrik Ebungfauw, distrik Revenirara, distrik Demta, dan distrik Sentani.

“Saat ini Pemkab bekerjasama dengan Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia sudah menyelesaikan pembangunan 175 unit rumah Type 36 dari 300 unit yang akan dibangun,” kata Bupati.

Menurutnya kasus pertama Covid 19 di Jayapura pada 1 April 2020. Data hingga tanggal 5 Juli 2020, positif Covid 19 adalah 201 kasus dengan rincian dirawat 87 orang, sembuh 113 orang dan meninggal 1 orang.

“Kondisi saat ini kami kekurangan ruang perawatan pada RS. Yowari, rencana kami akan menggunakan Wisma Atlit di Kompi Senapan D Doyo Baru namun masih menyelesaikan pemasangan listrik,” katanya.

Selain penanganan bidang kesehatan Pemkab juga melaksanakan penanganan bidang ekonomi untuk menciptakan ketahanan pangan dengan memotivasi masyarakat agar kembali berkebun dan memelihara ikan pada 139 kampung dan 5 kelurahan pada 19 distrik.

Pada bidang jaring pengaman sosial pemerintah memberikan bantuan bahan makanan dan bantuan langsung tunai. Pelayanan publik dan pelayanan umum tetap berjalan dengan jumlah pegawai yang masuk kantor 50 % dan sisanya bekerja di rumah.

Sementara Ketua tim GTPP Covid 19 Pusat, Letjen TNI Doni Monardo mengajak mendoakan saudara-saudara yang wafat pada saat kejadian banjir bandang.

“Sebenarnya sebelum peristiwa terjadi kami sudah melakukan evaluasi pada tahun 2018 pada beberapa kegiatan lingkungan di Gunung Cycloop karena pegunungan ini adalah rangkaian pegunungan di Papua. Oleh karena itu tidak lagi mencari alasan untuk tidak melindungi Cycloop dari tangan jahil,” ujar Doni.

Air itu akan kembali kerumahnya mencari tempatnya yang rendah oleh sebab itu sebagai manusia yang diberikan pengetahuan harus belajar dari alam dan jangan menganggap sepele supaya tidak ada korban jiwa lagi dari masyarakat di waktu – waktu yang akan datang.

Ia juga mengajak Papua dan Papua Barat harus menjadi pelopor dalam penelitian sagu dan pemuda Papua harus banyak menekuni sagu.

Sedangkan Menteri koordinator Pemberdayaan Manusia dan Budaya RI, Prof. Muhajir Efendi, mengatakan atas nama pemerintah Republik Indonesia ucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua khususnya pemerintah Kabupaten Jayapura yang sudah menangani masalah Covid 19 dengan baik.

“Apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Kepala BNPB RI yang sudah berinisiatif untuk memberikan bantuan pengolahan sagu dan pengasapan ikan mudah – mudahan dapat digunakan dengan baik dan memberikan nilai tambah produktivitas masyarakat di Jayapura sehingga meningkatkan kemakmuran,” kata Menteri. (Red)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *