IMG-20240409-WA0045

AKBP Gunar Rahadiyanto Resmi Menyandang Gelar Datuk Wira Setia Alam

IMG-20240409-WA0076

Siak, TRIBRATA TV

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Siak, AKBP Gunar Rahadiyanto kini resmi menyandang gelar kehormatan adat sebagai ‘Datuk Wira Setia Alam’.

IMG-20240227-124711

Gelar ini, diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak.

AKBP Gunar diberikan gelar atas dharma bakti, pengabdian dan kerjasama yang baik terhadap masyarakat adat Kabupaten Siak.

Prosesi penabalan gelar adat ini digelar di Kantor LAMR Kabupaten Siak, Selasa (5/7/2022) siang.

Tiba di gedung LAMR Kabupaten Siak AKBP Gunar terlihat gagah mengenakan busana Melayu dengan warna hitam dan corak kuning keemasan. Ia didampingi istrinya, Ny.Fitri Gunar, yang juga terlihat anggun menggunakan pakaian senada.

Penabalan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Siak H.Arfan Usman, Ketua DPRD Siak, Indra gunawan, dan beberapa pejabat lainnya.

Prosesi penabalan gelar kehormatan adat diawali dengan dibacakannya riwayat hidup AKBP Gunar, disusul warkah penabalan adat.

Majelis penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kabupaten Siak Datuk H.Nazir Khatan, pemasangan selempang oleh Ketua DPH LAMR Kabupaten Siak H.Wan Said dan pemasangan keris oleh keturunan datuk empat suku.

Usai penabalan gelar kehormatan adat, kegiatan dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar dan doa bersama.

Kapolres Siak pada sambutannya mengatakan penabalan ini merupakan kehormatan yang sangat besar dengan gelar yang diterimanya. Ini adalah anugerah luar biasa.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penabalan (gelar kehormatan adat) ini. Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi saya. Baik saya secara pribadi, keluarga, dan selaku Kapolres,” ucapnya.

Ia menyampaikan Kabupaten Siak merupakan tanah yang sangat kental akan budaya Melayu, dikenal dengan negeri Istana,

“Sungguh saya sangat memuliakan gelar adat ini, namun demikian dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin mengatakan bahwa sesungguhnya sayalah yang harus berterimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak yang telah banyak berbudi kepada saya,” terang AKBP Gunar.

Diakhir sambutannya kembali Kapolres Siak mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Siak, terhadap segala keramahan, kebaikan, dan dukungan yang diberikan kepadanya,

“Sebagai seorang saudara jika ada hal yang tidak berkenan selama saya menjalankan tugas maka saya mohon diberikan maaf yang sebesar besarnya,” tutup AKBP Gunar.

Ketua MKA LAM Siak Datuk H.Nazir Khatan mengucapkan selamat kepada Kapolres Siak Tuan Datuk Wira Setia Alam atas penabalan gelar adat. Menurutnya ini amanah dari Allah SWT yang dipercayakan kepada Kapolres Siak atas gelar yang diterimanya.

“Semoga tuan Datuk Wira Setia Alam dan Datin Fitri Gunar senantiasa dilindungi Allah SWT dimanapun berada”, ucap Nazir.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Siak H.Arfan Usman juga mengucapkan selamat kepada Kapolres Siak atas gelar yang diterimanya.

“Gelar adat ini merupakan simbol doa dan harapan masyarakat Kabupaten Siak kepada yang terhormat Tuan AKBP Gunar Rahadiyanto, kiranya selaku pemimpin yang baik hati, bagaikan aur dengan tebing, semoga senantiasa pertolongan diberikan dan kemudahan oleh Allah SWT dalam melaksanakan tugas dan pengabdian,” ucap Arfan.

Acara penabalan berjalan dengan tertib dan lancar ditutup dengan makan bersama, terlihat undangan yang hadir antisias ingin berfoto bersama Kapolres Siak Datuk Wira Setia Alam dan Datin Fitri Gunar. (herto)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *