Kasus Covid-19 di Balige Nol, Ibadah Gereja HKBP Kembali Normal

IMG-20240310-164257

Toba, TRIBRATA TV

Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Balige atau sering didengar Gereja Bolon HKBP Balige, merupakan salah satu gereja tertua dalam sejarah umat Kristen HKBP. Tepat berada di Jalan Gereja ditengah kota Balige Kabupaten Toba Sumatera Utara.

IMG-20240227-124711

Dikutip dari wikipedia, gereja HKBP balige berdiri pada tanggal 10 Juni 1881 oleh Pendeta Gustav Pilgram.
Namun saat pandemi covid-19 membuat ibadah menjadi terhalang. Apalagi kemudian pemerintah melarang berkumpul untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Gereja juga wajib menyediakan perlengkapan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan dan wajib memakai masker.

Menurut Pendeta Johannes Pasaribu,S.Th, MM, salah seorang dari tiga pendeta yang bertugas di HKBP Balige, selama situasi Pandemi covid-19 dua tahun lebih, pihaknya sudah berusaha mengikuti peraturan pemerintah.

“Awalnya kami beribadah hanya melalui zoom kepada jemaat, kemudian diperbolehkan beribadah dengan jemaat yang terbatas di tahun 2021 hingga perayaan Natal pun dibatasi,”ujarnya, Minggu (3/7/2022).

Namun di tahun 2022 Puji Tuhan, dengan turunnya angka penyebaran covid-19 di Indonesia, bahkan Kabupaten Toba sudah di angka nol kasus atau zero, dikatakannya berangsur-angsur sudah bisa beribadah tatap muka. Perlahan-lahan jadwal ibadah sudah kembali normal, 3 kali di hari minggu.

“Namun kami sebagai majelis tetap menjalankan prokes dengan memakai masker dan cuci tangan. Ini
merupakan contoh baik dengan berbuat baik kepada sesama, mengajak jemaat memakai masker jalani Prokes,” katanya lagi.

Hal ini sejalan dengan khotbah hari ini Minggu 3 Juli 2022, “Berbuat baik kepada semua orang” diambil dari ayat Alkitab Galatia 6:10. Hakikat berbuat baik bukan semata-mata pada perbuatan baik itu sendiri, tetapi kepada sikap hati dibalik perbuatan baik yang dilakukan.

“Banyak orang yang tidak lagi paham dengan kekristenan bukan karena ajaran dan doktrinnya, tetapi sikap itu yang menjadikan batu sandungan, egois dan tidak punya keadilan. Jadi berbuat baiklah terhadap sesama, tidak ada batasnya dan bersifat permanen. Layaknya petani yang menabur benih padi, ia tidak serta merta berhenti bekerja. Namun ia terus mengupayakan agar benih yang ditabur terus bertumbuh, berkembang baik dan hingga waktunya menuai itu pun tiba,”ucap Johannes.

Sementara Sahala Arfan Saragi, seorang jemaat mengaku sangat bangga berjemaat di salah satu gereja bersejarah di Balige Kabupaten Toba.

“Bagaimana tidak, gereja ini termasuk yang terbanyak Jemaatnya, sampai ribuan dalam 3 sesi ibadah. Bayangkan saja 3 pendeta yang bertugas disini! Tempatnya nyaman, ada tamannya dan pepohonan rindang,” ujarnya.

Tapi bagi saya kurang banyak pohonnya, sudah perlu diperbanyak pohon beringin atau pohon rindang lainnya. Karena kota Balige ini sudah banyak bangunan, pastinya polusi banyak!. Pepohonan sudah perlu ditanam kembali disekitaran gereja, tambahnya.

Ia berharap rumput dan pepohonan semakin diperbanyak. “Kalau bisa karena lokasinya mendukung ada museum kecil di sekitaran taman, biar menarik. Biar ada tersimpan sejarah HKBP Balige,” kata Sahala.

Gereja ini sangat strategis, ada ruang serbaguna, tepat di depan Rumah Sakit HKBP, ada sekolah Diakones, SD Swasta HKBP.

“Situasi memang ramai sekali yang beribadah ibadah jam 10.30 WIB, Ageh tahe! (sambil garuk kepala), mau tidak mau saya dikursi belakang bersama keluarga duduk. Situasi ibadah sudah normal pak, walaupun banyak yang tak lagi pakai masker tetapi tetap jaga jarak. Harapan saya covid-19 pergilah jauh-jauh, kami berharap suasana Natal 2022 nanti bisa ramai merayakan bersama keluarga pak”,tegas Sahala yang juga aktivis lingkungan.

Pantauan tim tribrata tv online, ada beberapa jemaat yang beribadah tanpa memakai masker, namun dikutip dari Diskominfo Toba angka kasus covid-19 di Kecamatan Balige nol per tanggal 2 Juli 2022.

Jadi kabupaten Toba sudah bisa dikatakan kembali normal. (Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *