Video: Rusuh Karena Pembagian BLT di Madina

IMG-20240310-164257

Medan, TRIBRATA TV

Protes terhadap pembagian bantuan langsung tunai (BLT) di Desa Mompang Julu Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut, memantik kerusuhan. Sejumlah kendaraan roda dua dan dua mobil, termasuk yang dikendarai Wakapolres Madina, dibakar.

IMG-20240227-124711

“Selain kendaraan yang dibakar, ada 6 personel kepolisian yang terluka,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, Senin (19/6/2020).

Peristiwa berawal dari unjuk rasa warga yang kembali memblokade Jalan Lintas Sumatera Madina-Padang Sidempuan dengan cara membakar ban bekas di tengah jalan. Mereka memprotes ketidaktransparanan pembagian BLT dampak Covid-19 dan pengolaan dana desa 2018 hingga 2020.

Warga menyatakan tidak percaya kepada sang kepala desa, HH, dan memintanya untuk mundur dari jabatan. Namun bupati belum memberhentikan sang kepala desa. Belum diketahui pasti apa yang menyebabkan warga bertindak anarkistis.

“Menjelang pukul 18.00 Wib, kan Hasur (kepala desa) mengundurkan diri, tapi masyarakat bersikap anarkistis. Mereka melempari petugas kepolisian. Ada dua mobil yang rusak, termasuk mobil wakapolres dan beberapa sepeda motor dibakar,” sebut Tatan.

Dia mengatakan, pihaknya masih berupaya melakukan upaya persuasif dan humanis. Mereka mengimbau masyarakat segera pulang. Kapolres Madina masih melakukan negosiasi dengan warga yang masih memblokade jalan.

Untuk mengatasi situasi, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) personel Sat Brimob Polda Sumut dikerahkan ke Madina. Danyon C Pelopor, Kompol Buala Zega, memaparkan, personel Sat Brimob itu dikerahkan ke lokasi sejak pukul 18.00 Wib. Mereka didukung 1 unit kendaraan Ranjabyon dan 3 unit Randis R6. Selain itu para personel yang turun juga dilengkapi perlengkapan untuk penindakan huru hara. (Red)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *