Anak Petani Asal Paluta ini Lulusan Terbaik AAU 2020

IMG-20240409-WA0076

Medan, TRIBRATA TV

Juanda Siregar memeroleh predikat Lulusan Terbaik Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 2020. Pasca wisuda di Gedung Sabang Merauke Jogjakarta, Rabu (24/6/2020). Putra asli Desa Ujung Padang, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) itu resmi menyandang nama Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar) Juanda Siregar STr (Han).

IMG-20240227-124711

Bungsu dari enam bersaudara buah hati pasangan suami istri H Borkat Siregar dan Hj Erni Harahap itu mengaku tidak mudah meraih kesuksesan seperti yang dicapainya. Hanya saja, selama ini memang ia memiliki tekad kuat dan selalu bekerja keras untuk meraih cita-citanya.

Juanda yang merupakan anak petani ini tidak menyangkal, dukungan dari orang tua sangat berarti baginya. Termasuk sanak saudaranya yang menjadi penyemangat.

“Alhamdulillah, saya bisa menyelesaikan pendidikan di Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), terpilih sebagai putra terbaik dan meraih Adhi Makayasa,” ujar Juanda kepada wartawan.

Juanda dan lulusan AAU lainnya diwisuda oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE MPP, yang sekaligus memimpin langsung Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik), di Gedung Sabang Merauke (GSM) Kesatrian AAU Jogjakarta pad Rabu (24/6/2020) lalu.

Tahun ini AAU meluluskan 106 wisudawan bergelar Sarjana Terapan Pertahanan atau STr (Han) dari tiga Program Studi (Prodi), yaitu Aeronautika Pertahanan, Elektronika Pertahanan, dan Teknik Manajemen Industri Pertahanan.

Sermatutar Juanda Siregar STr (Han) menjadi wisudawan terbaik dan menyandang penghargaan Adhi Makayasa, sekaligus peraih Adhi Sakti Aeronautika.

Terbaik Prodi Teknik Elektronika Pertahanan diraih Sermatutar Yustikasari Diana Putri STr (Han) sebagai peraih penghargaan Adhi Sakti Elektronika. Sedangkan Terbaik Prodi Teknik Manajemen Industri Pertahanan diraih Sermatutar Rizqi Nur Hafidhah STr (Han), berhasil mendapatkan penghargaan Adhi Sakti Teknik Manajemen Industri.

Selanjutnya, para Karbol (sebutan untuk taruna) AAU akan dilantik Presiden RI Ir H Joko Widodo 14 Juli mendatang. Sekaligus disumpah menjadi Perwira Remaja (Paja) TNI bersama lulusan Akmil, AAL, dan Akpol dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) di Istana Merdeka Jakarta.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE MPP dalam amanatnya menerangkan, keberhasilan para wisudawan dalam melewati tahapan pendidikan di AAU bukan sebuah perjalanan perjuangan yang mudah.

“Banyak hal yang telah dicurahkan, termasuk waktu, tenaga, dan pikiran, hingga kalian bisa sampai di titik ini. Dengan pembinaan dan gemblengan panjang yang harus kalian lalui, maka jadikanlah pencapaian ini sebagai suatu kebanggaan yang harus kalian syukuri. Para wisudawan juga harus memahami, bahwa keberhasilan ini juga merupakan suatu kehormatan yang harus terus kalian jaga, di manapun dan sampai kapanpun,” sebut Fadjar.

Fadjar juga memberikan penghormatan terhadap lembaga AAU pada posisi yang sangat tinggi. Sebab keberhasilan tugas TNI Angkatan Udara AU), salah satunya berawal dari keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di lembaga AAU.

“Tidak dapat dipungkiri, kemajuan TNI Angkatan Udara juga berawal dari pemikiran-pemikiran hebat para pemimpin yang dahulunya juga pernah dididik, dibina, dan ditempa di Akademi Angkatan Udara,” tukasnya.

Mengakhiri sambutannya, Fadjar mengingatkan para wisudawan, meskipun tidak lama lagi akan dilantik sebagai perwira TNI AU bukan berarti tugas untuk belajar telah selesai. Justru harus tetap semakin mawas diri, dan semakin giat memperkaya diri dengan berbagai ilmu pengetahuan yang berharga.

Turut hadir Komandan Jenderal Akademi TNI Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Gubernur AAU Marsda TNI Nanang Santoso, Ketua Umum PIA Ardhya Garini selaku Ibu Karbol AAU Ny Inong Fadjar Prasetyo, beserta Ibu Asuh Karbol AAU Ny Lusi Nanang Santoso, dan para pejabat Mabesau, serta pejabat AAU. (Red)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *