Kapolres Taput Canangkan Kampung Tangguh

IMG-20240409-WA0076

Taput, TRIBRATA TV

Kepala kepolisian Resor Tapanuli Utara (Taput), Ajun Komisaris Besar Polisi Jonner MH Samosir membuat konsep kampung tangguh atau Hutanagogo untuk ketahanan pangan di Kecamatan Muara, Tapanuli Utara.

IMG-20240227-124711

Program pencanangan itu merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dengan Kepolisian Resor Taput.

Konsep membangun Hutanagogo diyakini pria berkulit sawo matang itu sebagai formula dasar menduniakan potensi tertidur wisata Muara yang saat ini sedang galak-galaknya dibenahi oleh pemerintah pusat. Seperti pembenahan infrastuktur pantai wisata Danau Toba oleh Presiden Joko Widodo sejak periode pertama.

Gebrakan mewujudkan Taput sebagai kampung yang tangguh, dibawah kepemimpinan AKBP Jonner MH Samosir sebagai Kapolres Taput dengan pola pendekatan kepada masyarakat petani adalah inisiasi dia mendorong penguatan ketahanan pangan di 15 kecamatan Kabupaten Taput, Sumatera Utara.

“Muara diharapkan menjadi barometer Hutanagogo di seluruh kecamatan di kabupaten Tapanuli Utara,” kata Jonner MH Samosir di pantai Muara, Sabtu (20/6/2020).

Dia menyebut inspirasi itu timbul adalah untuk memadukan istilah lokal yang digalinya dari budaya kearifan lokal masyarakat Batak.

Kata Jonner, ia sengaja menawarkan konsep Muara sebagai Hutanagogo dengan harapan Tapanuli Utara kelak bakal kuat dalam segala aspek, baik ekonomi, kesehatan, pendidikan dan khususnya ketahanan pangan.

Apalagi berkaitan dengan Pandemi Covid 19, Taput sebagai zona kuning siap melaksanakan tatanan hidup baru serta tidak terjebak karena situasi Pandemi Covid-19.

Dikatakan Jonner, alasan memilih Kecamatan Muara sebagai dasar penerapan Hutanagogo karena Muara salah satu kecamatan yang memiliki bibir pantai nan indah di Danau Toba.

Saat acara pencanangan itu AKBP Jonner MH Samosir bersama Sarlandy Hutabarat, Wakil Bupati melakukan kunjungan langsung kepada petani padi dan bawang merah di Desa Bariba ni Aek Kecamatan Muara.

Bersama para petani, Jonner MH Samosir dan Sarlandy Hutabarat turun langsung menanam padi sekaligus melakukan pembagian pupuk. Kemudian memberikan bantuan bibit bawang merah dan bibit Alpukat sekaligus memanen bawang merah warga.

Di desa itu turut dibagikan bibit ikan mas untuk budi daya kolam air deras. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *