Ketua DPRD Sitaro Pantau Kondisi Jalan Longsor dan Banjir Lahar Dingin

Sitaro, TRIBRATA TV

Intensitas hujan tinggi yang terjadi dalam beberapa hari terakhir menimbulkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Pulau Siau, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Kondisi ini menyebabkan ruas jalan di beberapa wilayah tertutup bahkan putus.

Ini langsung disikapi serius oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Djon Ponto Janis, yang langsung melakukan pemantauan terhadap banjir dan longsor yang terjadi di beberapa wilayah.

“Saya turun ke Siau Timur bagian utara untuk memeriksa dan memantau karena ada beberapa titik longsor tepatnya di Kampung Apelawo, juga sehari sebelumnya saya pergi ke lokasi banjir lahar dingin di Lava (Batuawang) Bebali, yang menyebabkan banjir lahar dingin ini menutup jalan utama Ondong-Ulu serta di Siau Barat Utara juga ada longsoran kecil namun akses kendaraan masih bisa dilalui, “tutur Djon Ponto Janis saat dihubungi media Minggu (16/04/2024).

BACA JUGA  Semarakkan Hari Bhayangkara Ke-76 Polres Kepulauan Sitaro Gelar Bakti Sosial Relig

Terkait kondisi jalan di Kali Batuawang Kelurahan Bebali yang juga merupakan jalan penghubung Ulu-Ondong, yang diketahui sampai sekarang pihak Pemerintah Daerah masih dalam proses pembukaan ruas jalan yang tertutup, dengan mengerahkan alat berat untuk membersihkan sisa material banjir.

DPJ mengimbau kepada warga supaya tidak melakukan aktivitas disekitar dan melintas di kali batuawang ketika intensitas hujan sedang tinggi, mengingat banyaknya material guguran lava Gunung Api Karangetang yang berada di hulu kali di wilayah Gunung Karangetang sehingga dengan curah hujan tinggi material ini kemudian akan terbawa aliran air ke hilir yang akan menyebabkan banjir lahar dingin.

BACA JUGA  Hadiri Rakornas Investasi 2022, PJ Walikota Imran: Siap Ikuti Arahan Presiden

Dalam kesempatan itu, sambil memantau wilayah banjir dan longsor, Ketua DPRD yang merakyat dan bersahaja ini berdialog dan berinteraksi serta mendengarkan langsung cerita masyarakat sebagai simbol kepedulian nyata dari seorang wakil rakyat.

Ketua DPRD juga menyerukan agar pemerintah, masyarakat maupun pemangku kepentingan membangun komunikasi, berkoordinasi dan bekerja sama dalam persoalan banjir lahar dingin ini.

BACA JUGA  Nilwan Yahya Pimpin Rapat LPTQ Persiapan MTQ Ke-49 Kabupaten Merangin

“Kami di DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro mengapresiasi kesiapsiagaan pemerintah daerah,” ujar Janis.

IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000