IMG-20240409-WA0045

Pemkab Taput Dorong Warga Manfaatkan Lahan Tidur untuk Ketahanan Pangan

IMG-20240409-WA0076

Taput, TRIBRATA TV

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) mendorong warganya memanfaatkan lahan tidur untuk meningkatkan ketahanan pangan, termasuk perikanan. Untuk itu Pemkab telah menyediakan bibit/benih ikan untuk mengajak masyarakat membudidayakan perikanan air tawar.

IMG-20240227-124711

“Kedepan kita harapkan Taput mampu swasembada ikan tawar,” ujar Bupati Nikson Nababan didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Longgos Pandiangan dan beberapa pimpinan OPD saat meninjau Balai Benih Ikan Silangkitang Kecamatan Sipoholon, Sabtu (13/6/2020).

“Pemkab akan menurunkan alat berat untuk mencetak kolam ikan pada lahan tidur. Kita sudah menyediakan 2 unit excavator,” kata bupati.

Ia kembali menekankan perlunya peran serta masyarakat untuk mendukung upaya ketahanan pangan dan mengajak masyarakat menghidupkan kembali lahan tidur.

Pada sejumlah lokasi ini kita juga telah membuka jalan pertanian sehingga meningkatkan minat masyarakat untuk bertani dan berkolam ikan terutama menghidupkan lahan tidur,” pesan Bupati usai menabur 5.000 bibit ikan mas dan ikan nila di Partoguan Desa Hutauruk Kecamatan Tarutung.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Longgos Pandiangan didampingi Kabid Perikan Carman Situmeang mengatakan gencarnya pembukaan kolam ikan merupakan program Bupati, agar petani lebih bisa mandiri dalam mendukung upaya ketahanan pangan.

Dijelaskan juga tahun ini ditargetkan mencetak 40 hektar kolam ikan dan sudah terealisasi seluas 12 hektar. “Selain itu, tahun ini Pemkab Taput juga telah membangun jalan perikanan-pertanian sepanjang 8 Km, sehingga total 50 Km sudah, pekerjaan ini dibantu dengan 2 unit excavator milik Pemkab Taput,” ucap Kadis Longgos Pandiangan.(Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *