Ratusan Hektar Sawah dan Puluhan Rumah Terendam Banjir di Sergai

IMG-20240310-164257

Sergai, TRIBRATA TV

Puluhan rumah warga dan ratusan hektar sawah di Desa Bakaran Batu Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai terendam banjir, Kamis (11/6/2020).

IMG-20240227-124711

Salah seorang warga, Sulami (56) yang tinggal di Dusun V Desa Bakaran Batu kepada wartawan menyampaikan, banjir ini diduga kuat karena akibat diguyur hujan deras disertai angin kencang sejak Rabu (10/6/2020) malam.

“Dulu juga pernah banjir, tapi gak separah ini hingga pemukiman warga dan padi masih masa usia tanam 1 bulan juga terendam banjir,” ujar Sulami.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai agar segera mengatasi banjir di Desa Bakaran Batu.

“Kami berharap segera atasi banjir karena ini sangat berdampak dengan kesehatan dan perekonomian,” kata Sulami.

Senada disampaikan Rosmini br Sianturi (56). Ia mengeluhkan nasib tanaman padinya yang rusak seluas 1 hektar lebih terendam air akibat dilanda banjir, hingga dapat terancam gagal panen.

“Menurut saya pak, diduga adanya pecah bendungan dari atas makanya separah ini banjirnya,” sambungnya.

Kepala Desa Bakaran Batu melalui Kaur Pembangunan, Jhon Eduardo Panjaitan mengatakan, ada sekitar 5 dusun yang dilanda banjir, Desa Bakaran Batu sebanyak 20 rumah warga terdampak dan sekitar 175 hektar lahan persawahan yang sudah ditanami padi terancam gagal panen.

Ketua DPRD Sergai, Riski Ramadhan Hasibuan langsung menghubungi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sergai agar menindaklanjuti penyebab banjir yang terjadi di Desa Bakaran Batu Kecamatan Sei Bamban.

“Informasi kita terima, adanya tanggul sungai Sei Putih yang jebol, semoga ini segera diatasi sehingga aktivitas masyarakat kembali normal,” tutur Riski melalui WhatsApp-nya. (Willy Lubis)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *