Sempat Ditolak Warga, Pembuatan Dokumentasi Protokol Kesehatan Olahraga Arung Jeram Terlaksana

IMG-20240310-164257

Sergai, TRIBRATA TV

Warga Dusun Huta Bayu Desa Bartong Kecamatan Sipispis Kebupaten Serdang Bedagai (Sergai) menolak kedatangan sejumlah orang yang hendak bermain arung jeram, Sabtu (6/6/2020).

IMG-20240227-124711

Penolakan ini menurut salah seorang warga bukan tanpa alasan. Mereka takut penyebaran virus corona karena mereka yang datang tidak tahu berasal dari mana. “Alangkah baiknya kalau kegiatan arung jeram dibatalkan atau ditunda dulu sampai ada kata kesepakatan bersama antara pemerintah dengan masyarakat,” kata seorang warga.

Terkait dengan permintaan warga Huta Bayu, Dewi sebagai pendamping 3 operator arung jeram yang juga Kepala Desa Buluh Duri menjelaskan, kedatangan mereka adalah untuk menjawab surat yang mereka terima dari Parsatuan Arung Jeram Indonesia (PAJI) untuk membuka kembali pengarungan yang selama ini dihentikan.

Ia juga menjelaskan mereka bukan tamu yang ingin bermain arung jeram, operator dari tiga pengurus arung jeram yaitu, Ancol Arung Jeram, Medan Rafting dan Bundes Buduma.

“Yang datang ini pak bukan tamu yang ingin main arung jeram,tetapi tiga pengurus operator arungjeram yang ingin membuat dokumentasi protokol kesehatan arung jeram sesuai dengan perintah PAJI,” kata Dewi.

Terkait permintaan warga untuk duduk bersama dengan pemerintahan Desa Bartong dan pengurus arung jeram, Dewi menjawab siap dan menunggu undangan dari Pemdes Bartong.

“Kami mau pak dan kami siap apa bila ada undangan dari Pemdes Bartong kapan saja,” ucapnya.

Kades Bartong Heri Andik Damanik, ketika mendapat kabar langsung datang ke lokasi dan memberikan penjelasan kepada kedua belah pihak.

“Syukurlah kedua belah pihak sudah sama sama memahami dan tidak ada lagi masalah,”ucapnya.

Terkait permintaan warga untuk menunda pengarungan, Andik menjawab untuk hari ini diperbolehkan sesuai dengan penjelasan dari pengurus arung jeram. “Boleh..warga juga sudah mengijinkan karena ini untuk kebaikan bersama,”tutupnya.
(HAKIM SITANGGANG)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *