IMG-20240409-WA0045

Ketua MUI Sergai: Ulama dan Umara Tidak Bisa Dipisahkan

IMG-20240409-WA0076

Sergai, TRIBRATA TV

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) secara tegas mengatakan, jiika dua golongan manusia saling bergandengan tangan, maka akan baiklah seluruh manusia. Dua golongan ini tidak bisa dipisahkan.

IMG-20240227-124711

Sebagaimana dijelaskan dalam Sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Dua golongan manusia, jika mereka baik, akan baik seluruh manusia, dan jika ia rusak, akan rusak seluruh manusia. Mereka adalah para ulama dan umara.” (HR Ibnu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya).

Hal ini disampaikan Ketua MUI Sergai H.Hasful Huznain,SH dalam tausiyah singkat di acara Halal bi Halal Aliansi Muslim Peduli Ulama (AMPU) Kabupaten Sergai pada Rabu (25/5/2022) di Kantor Sekretariat Dusun VIII Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Golongan pertama kata Hasful, para ulama. Ulama adalah pewaris para nabi dan penyambung lidah nabi. Para nabi tidak mewariskan harta benda berupa Emas, Perak, dan Tambang Batubara.Tapi, para nabi mewariskan ilmu berdasarkan Alqur’an dan Hadist. Dengan ilmu itu para ulama mengajak umat manusia untuk berperilaku Amar Makruf Nahi Mungkar.
Sedangkan golongan kedua Umara (Pemerintah).

Sedangkan golongan kedua Umara (Pemerintah). Umara yang memperoleh amanah sebagai pemimpin dan memiliki kekuasaan dari masyarakat memiliki tugas diantaranya menata, mengatur dan mengurus masyarakatnya. Umara yang bersikap adil dalam memimpin, amanah, dan juga soleh dalam menjalankan tugasnya untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk kepentingan pribadi menjadi harapan semua masyarakat.

Ketua Umum AMPU Sergai Drs.H.Tamlih Nasution SE menuturkan Halal bi Halal ini merupakan wadah silaturahmi untuk menyatukan persepsi diantara kita sekaligus memperkuat persatuan dan kesatuan kita untuk mendukung program pemerintah membangun daerah Sergai.

AMPU Sergai ini lahir dengan mempunyai dua tugas pokok, yakni pertama adalah kepedulian terhadap ulama yang setiap hari membimbing dan menuntut umat di Sergai.

Kedua adalah kepedulian ulama terhadap kinerja, perjuangannya untuk membantu program-program pemerintah di daerah ini, karena para ulama kita paham dan sadar bahwa visi misi Bupati Sergai adalah Maju Terus (Mandiri,Sejahtera, Religius). Sehingga hati para ulama terpanggil. Alhamdulillah AMPU sudah terbentuk dan didukung semua ulama di daerah ini, ucap Tamlih.

Sementara Bupati Sergai H.Darma Wijaya menyampaikan semua persoalan yang ada di desa,kecamatan dan kabupaten bisa diatasi berkat ulama. Ketika ulama berbicara maka sejuk semuanya.

“Kegiatan sederhana ini memang harus seperti ini dan saya sepakat setiap turun ke lapangan tidak mau berbuat lebih karena disamping untuk berhemat. Dengan berhemat, maka biaya tersebut bisa dipergunakan untuk pembangunan infrstruktur jalan,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatannya sederhana,saya setuju dengan panitia yang seperti ini artinya bahwa kita duduk bersama di atas lantai dan kita semua adalah rakyat. Dan di Maulid atau Isra’ Mirat saya pernah di kursi besar, tapi tidak saya duduki sebab untuk Bupati saja sudah makan tempat. Meskinya tempat itu bisa beberapa orang, akibatnya orang lain tidak memperoleh tempat duduk. Terdahulu pernah terjadi seorang pejabat tidak memperoleh tempat duduk dan sakit hati sehingga kepala desa disalahkan. Nah, hari ini AMPU telah memberukan contoh sederhana tersebut, terimakasih saya ucapkan, tambah Bupati.

Sebelumnya Ketua Panitia Zulkarnaen SPd menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan sangat sederhana, duduk bersela dibawah bersama. Biasanya kalau Bupati datang dibuatkan panggung, disiapkan sound system yang megah dan diarak, namun pada kesempatan ini kami dari panitia hanya inilah yang mampu untuk menyiapkan kedatangan Bupati.

Namun sesuai hadist Rasulullah SAW yang menegaskan “Sesungguh Allah SWT tidak melihat wajahmu yang tampan, cantik dan hartamu, tapi melihat hati kamu untuk dapat melaksanakan tugas yang diamanahkan sesuai dengan keikhlan masing-masing, kata Zulkarnaen.

Turut hadir Sekretaris Umum AMPU Sergai Zuhari, anggota DPRD Sergai yang juga Ketua Bidang Pemberdayaan Muslimah AMPU Sergai Hj.Yanti Handayani SH, M.Pd, Ketua Partai Gerindra Sergai Budi SE, Bendahara Umum AMPU Sergai Silpiana Sari,S.Th.I,Ketua Bidang Komunikasi dan Humas AMPU Sergai Salamuddin SPd, Sekretaris II AMPU Sergai Riduwan Rangkuti,SPdi. Kadis PPKB, PP dan PA Sergai dr.Helmi Nur Sinaga, M.Kes.

Selanjutnya Sekretaris III AMPU Sergai Firman SPdI,Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sergai yang juga Kordinator Bidang Pendidikan & Budaya AMPU Sergai Drs.H. Darwis Rambe, Ketua FKI-1 Sergai M.Nur, Kordinator Bidang Kemasyarakatan AMPU Sergai, Drs H. Aizul Sidik, Kordinator Bidang Kaderisasi dan Dakwah AMPU Sergai Drs. Rdiwan Yahya, Tokoh agama Sergai H.Kisai Dalimunthe, Pengacara AMPU Sergai Ismet Lubis SH,MSP,CPCLE, Effendi SH, Zulkifli Ahmad SPdi, admin Secangkir Kopi Syaifuddin, pengamat politik Sergai badrun SE dan pengurus lainnya. (hakim sitanggang)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *