IMG-20240610-WA0051 ------------------------------------ IMG-20240614-190820

Bupati Eva Minta Masyarakat Sitaro Jangan Terpengaruh Berita Hoaks

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Maraknya kabar berita bohong yang beredar di media sosial serta internet belakangan ini ditanggapi serius oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Bupati Kepulauan Sitaro disela-sela Rapat Paripurna HUT Daerah ke-16 tahun pada Selasa (23/5/2023) di hadapan wartawan mengatakan masyarakat agar tetap solid dan jangan mudah terpengaruh terhadap berita hoax yang seakan memelintir segala keberhasilan yang dicapai selama ini.

“Begitu banyak bahaya serta dampak negatif yang muncul akibat pengaruh dari kabar-kabar bohong atau hoax utamanya melalui media sosial terkait dengan pembangunan daerah dan lainnya. Munculnya propaganda serta adu domba di kalangan masyarakat terjadi karena banyak orang sering terpengaruh oleh informasi hoax yang begitu sensitif sehingga membentuk opini warga dan menyulut emosi antar individu bahkan kelompok, “ujar Bupati.

Menurut ibu Bupati Eva, untuk senantiasa menjaga keharmonisan serta kerukunan antar warga masyarakat di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, pihaknya menghimbau masyarakat Sitaro diminta tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu strategis yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat itu sendiri apalagi di tahun politik saat ini.

“Untuk itu kami selalu menghimbau masyarakat jangan mudah percaya dengan isu atau berita yang belum jelas asal-usulnya, dikoreksi dan dicari tahu dulu kebenarannya karena suhu politik sudah tinggi, dan isu-isu provokatif bisa saja hadir ditengah- tengah masyarakat,” tukas Bupati.

BACA JUGA  Wakapolres Sekadau Ajak Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu 2024

Lebih lanjut, Bupati menuturkan bahwa yang dikhawatirkan saat ini adalah penyebaran berita bohong yang dapat memecah belah umat dan suku. Untuk itu perlu pengawasan ketat dari aparat penegak hukum TNI/Polri agar menghindari gesekan yang dapat terjadi di lapangan.

“Karena saat ini media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram lainnya juga harus dipantau secara intens lantaran sering terjadinya gesekan-gesekan antar pendukung yang sudah mulai terjadi hingga saat ini,” katanya.

Bupati menambahkan, banyak lembaga maupun instansi resmi yang memberikan informasi terpercaya, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk melakukan konfirmasi terhadap kabar apapun yang dirasa cukup meresahkan.

Senada dengan itu Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro meminta masyarakat agar ikut berperan mengawasi dan mewaspadai berita hoaks dan yang mengandung ujaran kebencian, apalagi menjelang Pemilu 2024.

“Berita hoaks dan hate speech ini sering muncul di media sosial (medsos), sehingga kita harus benar-benar bisa mengunakan medsos dengan baik. Jika kita menemui hal tersebut, sebaiknya kita harus mengecek terlebih dahulu, dengan menanyakan hal itu kepada orang yang paham, maupun lembaga yang resmi terkait informasi yang kita dapatkan, sehingga kita tidak mudah terpengaruh,” ungkapnya.

BACA JUGA  Polda Riau Sosialisasi Peraturan Kapolri di Polres Rohil

Dalam kesempatan itu juga, Bupati pun menyampaikan keberhasilan-keberhasilan yang dicapai oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Diperjalanan 16 Tahun Daerah Sitaro dan 4 Tahun dalam periode kepemimpinan, sebagai Bupati dan Wakil Bupati banyak prestasi yang kita raih bersama diantaranya;

1. Tahun 2018 berhasil memperoleh penghargaan sebagai Kabupaten cukup peduli HAM, yang diserahkan oleh, Menteri Hukum dan HAM Yossona Laoly pada acara peringatan Hari HAM se dunia ke-70.
2.Tahun 2019 memperoleh penghargaan atas manajemen SAKIP Award dengan predikat B.
3. Di Tahun 2020 meraih penghargaan atas prestasi pengurangan resiko bencana yang diserahkan langsung oleh Kepala BNPB RI, Letjen Doni Monardo.
4. Tahun 2021 menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN atas kepedulian dan dedikasi terhadap pengendalian penduduk.
5. Tahun 2023 kembali Sitaro meraih terbaik I dalam penghargaan Pembangunan Daerah kategori Kabupaten se-Provinsi Sulut dengan Inovasi Gerakan Sitaro Anak Stunting (Gesit Eva’s) 5 kali berturut-turut.
6. Dalam skala Nasional 3 kali berturut-turut Sitaro berhasil masuk 10 besar PPD kategori Kabupaten dan Tahun 2023 berhasil masuk 12 Kabupaten terbaik se- Indonesia.
7. Di bidang kesehatan Kabupaten Kepulauan Sitaro berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) sebagai wujud nyata daerah dalam mendukung program Jamkesmas yang diserahkan oleh Mendagri, dimana cakupan kepesertaan JKN di Sitaro mencapai angka 96,23% .

BACA JUGA  Duka Mendalam, Dewan Penasehat Presidium FPII Arie Wijaya Meninggal Dunia

“Demikian juga opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2022, kembali di raih oleh Kabupaten Kepulauan Sitaro, sehingga kita telah 10 kali berturut turut berhasil meraih opini WTP, “urai Bupati.

Dengan mengambil slogan Sitaro SIGAP yang mempunyai arti Inovasi Gerakan Berorientasi Pelayanan, menjadi komitmen kita bersama untuk terus berinovasi melakukan trobosan baru dengan bergerak lebih cepat dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Rapat Paripurna tersebut juga dihadiri oleh mewakili Gubernur Sulawesi Utara, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Setda Provinsi Sulut, Drs. Edwin Kindangen, M.Si dan Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos. MIP. Turut bersama juga Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Dr. Toni Supit, SE.,MM, Wakil Bupati Kepulauan Sitaro, Drs. John H. Palandung, M.Si, Ketua DPRD Djon Ponto Janis dan Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sitaro, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs. Denny D. Kondoj, M.Si, Staf Ahli Bupati, Asiaten Sekda, para Kepala OPD, Kepala Bagian Setda, para Camat, Lurah, Kapitalau, Tim 17 Pemekaran Kabupaten Kepulauan Sitaro, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua TP-PKK, Ketua DWP Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan undangan lainnya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073
IKLANKAN-PRODUK-ANDA-DISINI-20240504-132349-0000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *