Perbaiki Arus Tegangan Tinggi, Teknisi PLN SoE Tersengat Arus Listrik

IMG-20240409-WA0076

Timor Tengah Selatan, TRIBRATA TV

Y.A.S. (27) warga RT 017 Rw 006 Desa Bosen Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT, karyawan PT PLN SoE, Selasa (23/05/2023) sekira pukul 16:00 WITA, meninggal dunia akibat tersengat arus listrik tegangan tinggi.

IMG-20240227-124711

Saat itu korban sedang melakukan perbaikan jaringan di lokasi Oepates Desa Oinlasi Kecamatan KiE Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Kapolres Timor Tengah Selatan AKBP I Gusti Putu Suka Arsa melalui Kapolsek KiE Iptu Sunaryo menguraikan pada pukul 14:00 WITA pihaknya menerima informasi dari anggota Polsek Amanatun Selatan Aipda Robinson Muhuweni kalau terjadi peristiwa kecelakaan tersengat arus listrik yang mengakibatkan teknisi PLN meninggal dunia.

“Korban langsung diantar ke Puskesmas Oinlasi Kecamatan Amanatun Selatan untuk dirawat karena korban masih hidup, dalam proses perawatan korban dinyatakan kritis sehingga dirujuk Dokter Puskesmas Oinlasi oleh dr.Devi Muni ke RSUD SoE,” katanya.

Sementara barang bukti berupa 1 unit mobil kren milik PT PLN jenis Toyota Rino Nompol: H 1981 DF langsung dibawa ke Makopolsek KiE dan sejumlah saksi mata para petugas PLN lainnya untuk menjalani pemeriksaan.

Berdasarkan Keterangan saksi-saksi yakni Yantri V M Lasi Karyawan PT PLN SoE , Yohanis Oscar Boyangraba, Gebi Taneo, Nando Naif, Eliardus Eki, menjelaskan kronologis kejadian sebelumnya bahwa berhubung jaringan listrik area Niki-niki Oinlasi mengalami gangguan sejak Senin (22/05/2023) sampai hari Selasa (23/05/2023) kemarin dengan jenis kerusakan tersebar di beberapa titik sehingga mereka melakukan perbaikan jaringan dengan membagi tim tersebar di beberapa titik berdasarkan alat deteksi Ultrasonik sehingga mereka melakukan perbaikan membagi tiga tim perbaikan.

Tim I dikordinir oleh Saksi I Yantri V M Lasi melakukan perbaikan jaringan dari arah Oenai menuju ke arah Oinlasi, sedangkan tim lain melakukan perbaikan dari arah Belle dan Kokoi, pada titik ke III TKP Oepates oleh kordinator tim memastikan jalur dalam posisi aman sehingga korban diperintah menggunakan APD siap mengganti Isolator yang rusak.

Diuraikan lebih jauh, saat kren sudah dinaikan oleh Operator Yohanis Oscar Boyangraba, korban dalam posisi sudah berada di atas ketinggian posisi kerusakan hendak melakukan pergantian isolator tiba-tiba terkena strom tegangan tinggi 2000 KV sehingga operator jaga yang berada di bawah ikut terkena sengatan strom arus tinggi. Petugas PLN lainnya dan masyarakat sekitar berusaha menyelamatkan korban dalam kondisi terbakar di atas kabel membantu menarik paksa pengontrol Kren sehingga korban terjatuh dari atas ketinggian dalam kondisi tubuh hangus terbakar.

Korban akhirnya meninggal dunia di tengah perjalanan di wilayah Desa Nusa Kecamatan Amanuban Barat menuju RSUD SoE. (efan baitanu)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *