TNI AL Gagalkan Penyelundupan 25 Ton Bawang Putih

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

TNI AL menggagalkan penyelundupan bawang merah diduga dari negara Malaysia, yang diangkut menggunakan Kapal Motor berbendera Indonesia (KM) Arafah GT. 15 di Alur Perairan Air Masin Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, Sabtu (23/5/2020).

IMG-20240227-124711

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Lantamal I Laksma TNI Abdul Rasyid K. di Markas Komando (Mako) Lantamal I Belawan. Danlantamal mengatakan TNI AL khususnya Lantamal I Koarmada I beserta Jajaran Pangkalan dibawahnya, terus melaksanakan patroli guna mengantisipasi kegiatan-kegiatan ilegal berupa kejahatan dan penyelundupan komoditi ataupun narkoba serta tenaga kerja ilegal.

“Penangkapan penyelundupan bawang merah dinihari tadi di Aceh Tamiang berawal dari informasi masyarakat, TNI AL mengimbau dan berharap kepada masyarakat untuk dapat berpartisipasi melaporkan apabila ada kecurigaan terhadap kegiatan ilegal di perairan,” katanya.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Lhokseumawe Letkol Laut (P) Dimmi Oumry, menjelaskan kronologis penangkapan. “Tim F1QR Lanal Lhokseumawe mendapatkan informasi adanya penyelundupan bawang merah melalui jalur Perairan Alur Air Masin di Aceh Tamiang”, jelasnya.

Tim langsung melakukan pemantauan di sekitar perairan yang disinyalir biasa digunakan penyelundup dalam melakukan aksinya.

“Sabtu dini hari tim mendengar suara mesin kapal dan beberapa saat kemudian mendapatkan visual kapal dengan muatan berat menuju Alur Air Masin, selanjutnya tim memberi sinyal dengan cahaya berusaha menghentikan kapal namun kapal tersebut merespon dengan menambah kecepatan sampai dengan Kapal mengeluarkan asap tebal. Tim memutuskan melakukan pengejaran dan memberikan peringatan supaya kapal berhenti. Sebelum bisa menjangkau Kapal terduga penyelundup, dari kejauhan terlihat beberapa ABK yang dikejar melompat ke boat pemandu yang ada di samping kapal mereka dan langsung memacu kecepatan berusaha untuk melarikan diri. Tidak lama, Tim bisa mendekati dan mendapati kapal bermuatan yang ditinggalkan oleh ABKnya dalam posisi kandas karena menabrak pohon bakau”, pungkasnya.

Dari pemeriksaan awal di lapangan, didapati KM. Arafah GT. 15 berbendera Indonesia tanpa ABK, memuat bawang merah tanpa dokumen dengan bobot diperkirakan kurang lebih 25 ton yang dikemas dalam ratusan karung kecil dan diduga diselundupkan dari Malaysia

KM Arafah GT. 15 yang kandas, selanjutnya diputuskan ditarik ke Posmat TNI AL Langsa pada Sabtu sore setelah sebelumnya menunggu air pasang guna memudahkan penarikan Kapal.(P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *