Pembangunan Jalan Rabat Beton Kelurahan Akesimbeka Masuki Tahap Finishing

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Pembangunan jalan rabat beton Lingkungan IV Kelurahan Akesimbeka, Kecamatan Siau Timur, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara sudah sampai tahap finishing.

IMG-20240227-124711

Dimana pembangunan melalui dana APBN Kelurahan Tahun Anggaran 2023 ini, dimanfaatkan oleh Pemerintah Kelurahan Akesimbeka untuk langsung melaksanakan pekerjaan jalan rabat beton tersebut.

Lurah Akesimbeka, Retman Madundang mengatakan, pembangunan jalan rabat beton ini berasal dari Dana Kelurahan dengan pagu dan fisik sebesar Rp200.000.000 berjalan dengan bagus serta terjamin dari segi kualitas sesuai dengan RAB yang dibangun.

Sebelum pelaksanaan pembangunan dilakukan pengukuran pengerjaan pembangunan jalan, juga dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat setempat.

Diketahui pembangunan selalu merata menyasar ke beberapa lingkungan Akesimbeka. Mulai dari Lingkungan I, II, III, IV dan Lingkungan V.

“Pembangunan yang selama ini diprogramkan dan sesuai dengan musyawarah tingkat kelurahan, yaitu mulai dari Lingkungan I, II, lll, lV dan V. Dan kali ini difokuskan pembangunannya untuk lingkungan IV yaitu wilayah Lehi, “katanya.

Pembangunan infrastruktur jalan rabat beton dengan tujuan utama supaya masyarakat dapat memiliki akses jalan dengan mudah dan nyaman.

Sesuai Permendagri Nomor 130 Tahun 2018, diatur dua substansi pokok, yaitu pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan sebagai pedoman pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan.

Pembangunan sarana dan prasarana kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

Dan untuk dibidang pemberdayaan masyarakat yang ada di kelurahan, digunakan untuk peningkatan kapasitas dan kapabilitas masyarakat di kelurahan dengan mendayagunakan potensi sumberdaya sendiri.

Lebih lanjut Retman menuturkan dalam pengerjaan pembangunan jalan rabat beton itu juga, pihaknya memberdayakan masyarakat seperti tukang dan semua pekerja yang bekerja dari warga setempat.

“Kita memperdayakan masyarakat yang ada di Lingkungan IV Lehi ini untuk melaksanakan pengerjaan pembangunan. Mudah-mudahan pembangunan yang ada di Lingkungan IV ini dapat semaksimal mungkin karena yang akan menggunakan mereka sendiri,” ujarnya.

Lurah menjelaskan, dana pembangunan bersumber dari Dana Kelurahan tahun anggaran 2023 dengan jumlah anggaran Rp200.000.000, dengan panjang jalan 259 meter dan lebar 3 meter.

“Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar kita dapat menjaga jalan yang sudah kita bangun bersama sehingga bertahan dengan semaksimal mungkin dan bermanfaat bagi kita semua,” himbaunya.

Ditambahkannya, jika ada dana berkelanjutan tahun kedepan semua pembangunan jalan-jalan di kelurahan Akesimbeka ini dapat terbangun terselesaikan.

“Mudah-mudahan, pembangunan dapat berkelanjutan dan seluruh jalan di kelurahan Akesimbeka dapat seluruhnya terbangun,” pungkasnya.

Z. Kakomole yang merupakan, warga Lingkungan IV Kelurahan Akesimbeka menyampaikan sangat mendukung adanya pembangunan jalan tersebut.

“Kami warga sangat senang dibangunnya jalan di Lehi ini, sehingga akses jalan ini memudahkan sangat memudahkan. Kami sangat berterimakasih kepada pemerintah Kelurahan Akesimbeka, mudah-mudahan pembangunan jalan di semua kelurahan Akesimbeka bisa terus dibangun,” pungkasnya. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *