IMG-20240409-WA0045

Pemkab Sitaro Canangkan 4 Kampung Jadi Model Pengembangan Pertanian dan Pariwisata

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Empat Kampung di Kecamatan Siau Tengah, Kabupaten Sitaro, Sulut, menjadi model pengembangan wilayah Pertanian dan Pariwisata. Pencanangan Kecamatan Percontohan ini dirangkaikan dengan HUT Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kamis (19/05/2022) bertempat di Nggahusa Hill Kampung Beong.

IMG-20240227-124711

Pencanangan ini untuk menjadikan Kecamatan Siau Tengah sebagai kecamatan sentra pertanian dan pariwisata. Empat kampung tersebut adalah Kampung Beong yang menerima bibit tanaman Durian Montong, Kampung Dompase menerima bibit tanaman Apel, Kampung Salili menerima bibit tanaman Anggur dan Kampung Lai menerima bibit tanaman Jeruk Santan Madu.

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen dalam sambutannya menyampaikan Kecamatan Siau Tengah dengan letak geografis, kesuburan tanah dan kesejukan udaranya memiliki perpaduan yang sangat potensial antara pariwisata dan pertanian.

“Peluang mengembangkan potensi wisata sekaligus produksi pertanian di Kecamatan Siau Tengah ini janganlah disia siakan. Di sisi lain, hal ini dapat membuka lapangan kerja yang nantinya akan meningkatkan ekonomi masyarakat, “tuturnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Dinas Pangan dan Pertanian yang bersinergi bersama Dinas Pariwisata dan Disperindag.

Bupati menambahkan nantinya pariwisata dan pertanian di Siau Tengah akan menjadi show window untuk mengenalkan dunia pertanian bagi anak usia sekolah maupun generasi muda agar lebih tertarik pada dunia pertanian dan menjadi generasi penerus yang akan memajukan pertanian.

Sasingen berharap pengembangan ini tidak hanya sampai pada pencanangannya saja. Tetapi bagaimana upaya pengembangan dan keberlanjutannya ke depan.

“Pengembangan pertanian dan pariwisata ini harus benar-benar serius dilaksanakan karena sudah saatnya kita merubah pola pikir masyarakat Sitaro agar mau dan mampu memanfaatkan lahan yang ada untuk menanam tanaman-tanaman pertanian baik yang hasilnya digunakan untuk konsumsi rumah tangga masing-masing maupun untuk dijual, “pungkas Bupati perempuan pertama di Sitaro ini.

Sumber dana dari kegiatan ini pun diketahui berasal dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sitaro Tahun Anggaran 2022.

Hadir dalam pencanangan ini diantaranya Penjabat Sekda Sitaro Agus Tony Poputra, Asisten Administrasi Umum Sekda, Denny D. Kondoj, kepala-kepala OPD diantaranya Kadis Pangan dan Pertanian Richard Sasombo, Kadis Pariwisata Hendrik Lalamentik, Kadis Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Novia Tamaka, Kadis Kelautan dan Perikanan Nova Lahengking, Kepala Bagian Setda, Camat Siau Tengah, Kapitalau Kampung Beong, Kapitalau Kampung Dompase, Kapitalau Kampung Salili, Kapitalau Kampung Lai. (jemi lahutung)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *