IMG-20240409-WA0045

Forkopimda Asahan Tanam Bibit Jagung Hibrida

IMG-20240409-WA0076

Asahan, TRIBRATA TV

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menanam bibit jagung hibrida di areal perkebunan Padasa Desa Pulau Maria Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Asaha, Selasa (19/5/2020).

IMG-20240227-124711

Info diperoleh, penanaman ini guna mendukung kedaulatan pangan selama pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, khususnya di Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Asahan, Oktoni Eriyanto pada wartawan mengatakan, kegiatan pembibitan tersebut melibatkan kelompok tani setempat, Besi Tua.

Dijelaskan Oktoni, adapun areal tanah yang bakal ditanami bibit jagung hibrida oleh kelompok tani di kawasan lahan perkebunan Padasa seluas 110 hektare.

“Demi mendukung program pemerintah dalam hal ketahanan pangan, setelah menanam bibit jagung hibrida ini, akan dilakulan juga penanaman padi di Kecamatan Rawang Panca Arga,” sebut Oktoni, di lokasi.

Lanjut Antoni, dirinya berharap penanaman bibit jagung hibrida ini nantinya dalam meraih hasil terbaik sehingga, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, juga kesejahteraan para anggota kelompok tani.

“Mudah-mudahan ini menghasilkan hal yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK mendukung penuh penanaman bibit jagut hibrida demi mejaga kedaulatan pangan yang dicanangkan pemerintah.

Menurutnya, kerjasama ini merupakan tindakan nyata pemerintah dan polri dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya.

“Mengenai ketahanan pangan di tengah pandemi covid-19. Kita perlu melakukan aksi nyata untuk berkontribusi langsung bagi masyarakat, termasuk yang dilakukan kelompok tani besi tua. sehingga kedaulatan pangan di Kabupaten Asahan dapat berjalan dengan baik,” kata Nugroho.

Ia pun berkeyakinan langkah yang dilakukan kelompok tani besi tua ini bakal dicontoh oleh kelompok tani lainnya. Sehingga ketersedian pangan di Kabupaten Asahan dapat terjaga.

“Saya yakin, penanaman bibit jagung hibrida ini nantinya mampu memotivasi masyarakat lainnya untuk melakukan hal yang sama, meski dengan komoditas pangan lainnya,” akhirnya. (Gon)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *