12 Jam Berjibaku, Karhutla di Humbahas Berhasil Dipadamkan

IMG-20240310-164257

Humbahas, TRIBRATA TV

Kapolres Humbang Hasundutan (Humbahas), AKBP Hary Ardianto memimpin langsung pasukan pemadaman titik api kebakaran hutan bersama unsur terkait di Desa Sinambela Kecamatan Bakara, Minggu (14/5/2023).

IMG-20240227-124711

Tim Penanggulangan Karhutla Kabupaten Humbahas yang terdiri dari TNI-Polri dan BPBD beserta masyarakat setempat berhasil memadamkan api kebakaran hutan puncak gunung pinggiran danau Toba dan lahan (karhutla) yang terjadi di areal Desa Sinambela hingga Desa Simahulanpe Kecamatan Baktiraja.

Kejadian karhutla tersebut diketahui sekira pukul 16.30 WIB, Sabtu (13/05/2023) atas laporan masyarakat Desa Sinambela Kecamatan Baktiraja ke Polsek Doloksanggul Polres Humbang Hasundutan.

Mendengar hal tersebut Kapolres didampingi Wakapolres AKBP Tanggap Manurung, Kasat Intel AKP Abner Lubis, dan Kapolsek Dolok Sanggul Iptu Dorlan Pasaribu bersama dengan personil langsung bergegas menuju lokasi untuk ikut serta dalam upaya pemadaman api Untuk mencegah kebakaran semakin meluas, dan berdampak pada terjadinya kabut asap yang ditimbulkan.

Selama kurang lebih 12 jam, Kapolres bersama dengan tim berhasil memadamkan api yang dalam usaha pemadaman mereka menemui kendala dikarenakan kebakaran tersebut berada di tengah pegunungan yang terjal sehingga tidak dapat dijangkau oleh tim.

Dari pantauan satelit, titik api yang terpantau di Desa Sinambela dengan luas lahan yang terbakar diperkirakan seluas enam sampai dengan tujuh hektar.

“Dugaan sementara kebakaran lahan tersebut masih didalami, namun saat ini kita terfokus untuk memadamkan api, agar api tidak semakin meluas dan merambat ke pemukiman warga,” ujarnya

Kapolres minta agar kampanye Karhutla kepada masyarakat harus lebih digiatkan lagi melalui peran personil Polsek dan Bhabinkamtibmas. Hal itu perlu dilakukan, untuk mencegah dan meminimalisir kebakaran hutan dan lahan sebab kelestarian hutan sekawasan Danau Toba sangat berdampak total untuk kelestarian air di danau yang merupakan salah satu kebanggaan Indonesia di dunia.

Kapolres juga berterimakasih kepada personil Polres Humbang Hasundutan,TNI dan instansi terkait atas turut aktif memadamkan titik api.

“Kami juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak membuka hutan atau lahan dengan cara dibakar karena pelaku dapat dihukum pidana,” tegas Kapolres. (tbh mora)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *