Isu Covid-19, Pedagang Taput Tolak Pedagang Luar Daerah

IMG-20240310-164257

Taput, TRIBRATA TV

Sejumlah pedagang di Pajak Tarutung pada Jumat (15/5/2020) menggelar aksi menolak kedatangan sejumlah pedagang dari luar Kabupaten Tapanuli Utara (Taput).

IMG-20240227-124711

Hal ini terkait dengan Situasi Covid-19 saat ini.

Sebagaimana biasanya pada hari Jumat puluhan pedagang sudah datang ke Pajak Tarutung untuk berjualan berbagai barang dan kebutuhan sehari-hari yang akan digelar setiap Hari Sabtu.

Namun puluhan pedagang pasar yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Pasar Tarutung mendatangi Kantor Dinas Perindagkop untuk menolak kehadirin sejumlah pedagang dari luar seperti Kabupaten Toba.

Dalam pertemuan yang digelar antara kedua pihak, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Taput, Gibson Siregar menyebutkan untuk besok para pedagang dari luar masih diperbolehkan berjualan di Pajak Tarutung. “Kita akan koordinasikan dengan Pemkab Toba namun untuk saat ini kita mengimbau agar berjalan seperti biasa,” ujar Gibson.

Terkait dengan hal tersebut, Bupati Taput Nikson Nababan yang juga Ketua Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 meminta seharusnya tidak ada penolakan dari kedua belah pihak karena sama-sama masih status zona kuning. “Kita mengimbau untuk tetap mematuhi protokol yang berlaku,” ujarnya.

Menurutnya di check point di perbatasan para pedagang yang masuk akan diperketat pemeriksaan kesehatan. “Kita sudah meminta kepada Pemkab Toba agar disana juga tidak ada penolakan terhadap pedagang yang dari luar Toba”,ujar Bupati.

Sebagaimana diketahui bahwa sekitar 45% pedagang yang berjualan di Pajak Tarutung pada hari Pekan yakni Hari Rabu dan Sabtu merupakan pedagang dari luar Taput seperti dari Toba.

Perihal penolakan antar sesama pedagang juga terjadi di Kabupaten Toba, sejumlah pedagang melakukan penolakan kedatangan pedagang dari luar Toba. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *