Base Camp Belum Siap, 20 TKA Cina Kos di Mempawah

IMG-20240409-WA0076

Mempawah, TRIBRATA TV

Rombongan Warga Negara Asing (WNA) asal Cina yang sempat terekam kamera warga sedang keluyuran di Kota Mempawah pada Jumat 7 Mei 2021 malam, tenyata merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang rencananya akan dipekerjakan pada proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Desa Bukit Batu, Kecamatan Sungai Kunyit, Kalimantan Barat.

IMG-20240227-124711

Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Kalbar Wilayah Kerja Mempawah, Eko Andriyatno mengungkapkan, 20 TKA tersebut menginap di kos di Jalan A Djaelani atau di sekitaran rumah dinas Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Mempawah sejak beberapa waktu lalu.

“Awalnya datang 11 orang, lalu datang lagi 9 orang. Sehingga total ada 20 orang TKA yang menginap di kos-kosan itu. Semuanya berasal dari Tiongkok,” ungkapnya, Sabtu (8/5/2021).

Eko mengaku telah mendata dan menyambangi 20 TKA Cina tersebut. Menurut Eko, 20 TKA ini terpaksa menginap di kos-kosan di Mempawah lantaran base camp di lokasi pekerjaan belum siap.

“Base camp di sana (lokasi pekerjaan SGAR) belum siap. Kita sudah koordinasi dengan PT BAI, dan kemungkinan dalam minggu ini mereka bisa masuk ke lokasi kerja. 20 TKA ini terdiri dari 19 laki-laki dan 1 perempuan,” bebernya.

Selain itu, kata Eko pihaknya juga telah mengecek dokumen dan kelengkapan 20 TKA Tiongkok tersebut. Dia memastikan seluruh TKA telah memenuhi syarat dan kelengkapan dokumen yang diperlukan.

“Saya sudah minta dokumen mereka. RPTKA, notifikasi dan pasport, visa serta bukti karantina di Wisma Atlet juga ada. Namun, dalam hal ini ranah kami hanya RPTKA dan notifikasi. Sedangkan lainnya kewenangan Imigrasi,” tegasnya.

Dari seluruh TKA itu, Eko mengatakan tidak ada yang bisa berbahasa Indonesia. Hanya ada beberapa orang yang memiliki kemampuan bahasa inggris, sedangkan yang lainnya hanya bisa berbahasa China.

“Dilihat dari notifikasi dan jabatan, sepertinya mereka (20 TKA) ini merupakan tenaga ahli dibidang pekerjaannya. Sejauh ini, kita masih menunggu kedatangan penanggungjawab TKA. Kemungkinan setelah lebaran baru bisa datang ke Mempawah,” bebernya. (Masudy)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *