Lagi, TNI AL Amankan 27 TKI Ilegal di Pantai Kabupaten Asahan

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan Lantamal I, Koarmada I mengamankan 27 pekerja migran tanpa dokumen (ilegal) yang memasuki Indonesia melalui jalur laut di Pantai Sungai Sembilang Kabupaten Asahan Sumatera Utara, Sabtu (2/5/2020) pagi.

IMG-20240227-124711

“Pagi, sekira pukul 06.30 WIB, Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) TBA I-I-61 Lanal TBA yang tengah berpatroli menemukan sekelompok orang di tepi Pantai Sungai Sembilang Perairan Asahan. Para TKI ilegal itu dari Malaysia diperkirakan baru mendarat pagi tadi,” jelas Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Dafris Datuk Syahrudin.

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, diketahui 27 TKI itu ditelantarkan kapal yang menyeberangkan mereka dari Malaysia.

Ke-27 TKI yang terdiri dari 26 laki-laki dan 1 perempuan tersebut selanjutnya dibawa ke Posmat Bagan Asahan dibantu nelayan setempat. Setibanya di Posmat ke-27 TKI itu diberlakukan prosedur pemeriksaan Covid-19 oleh Satgas Covid-19 Lanal TBA yakni pemeriksaan kesehatan, pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan termasuk barang bawaan.

Menanggapi kejadian tersebut, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksma TNI Abdul Rasyid K, mengatakan akhir pekan merupakan waktu yang biasa digunakan penyelundup untuk memasukkan TKI melalui perairan Asahan. Patroli TNI AL khususnya Lanal TBA yang merupakan Pangkalan TNI AL Jajaran Lantamal I tidak mengenal libur ataupun akhir pekan sehingga penyelundupan yang terjadi Sabtu pagi ini bisa dideteksi dan diamankan.

“Pada saat Pandemi Covid-19, patroli laut di jajaran Lantamal I lebih ditingkatkan intensitasnya. Kita berharap agar kedatangan para TKI itu dapat kita amankan agar bisa diserahkan kepada Satgas Percepatan Penanganan Covid-19,” pungkas Danlantamal I. (P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *