TNI AL Kembali Amankan 44 TKI Ilegal yang Mendarat di Kabupaten Labura

IMG-20240409-WA0076

Belawan, TRIBRATA TV

Tim (Fleet One Quick Response) F1QR Lanal Tanjung Balai Asahan Lantamal I, Koarmada I kembali mengamankan 44 pekerja migran tanpa dokumen resmi (ilegal) yang pulang dari Malaysia di Pantai Bersaudara, Simandulang Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumatera Utara, Senin (27/4/2020).

IMG-20240227-124711

“Berawal dari latroli yang dilakukan Kapal Patkamla SLG I-1-57 Lanal TBA di Tanjung Siapi-Api, Asahan, Tim F1QR Lanal TBA mengumpulkan bahan informasi dan mendapati adanya kapal bermuatan manusia yang bergerak ke arah Sungai Leidong,” papar Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Dafris Datuk Syahrudin.

Berbekal informasi tersebut Tim F1QR Lanal TBA melakukan pencarian dan akhirnya mengetahui ada sebuah kapal menurunkan orang di pantai Bersaudara, Desa Simandulang. Tim mendapati 44 orang yang diduga TKI ilegal tersebut berada di pantai sedangkan untuk kapalnya tidak ditemukan. Diduga kapal tersebut sudah masuk ke Sungai Leidong.

Dibantu nelayan, ke-44 TKI tersebut dibawa menuju Posmat Bagan Asahan. Ke-44 TKI yang terdiri dari 38 Laki-Laki, 4 Perempuan dan 2 Anak Laki-Laki diberlakukan prosedur pemeriksaan Covid-19 oleh Satgas Covid-19 Lanal TBA yakni pemeriksaan kesehatan, Pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan termasuk barang bawaannya.

Sementara di tempat terpisah, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksma TNI Abdul Rasyid K. mengatakan setelah berkali-kali tertangkap, saat ini para TKI diturunkan di pantai yang sulit dijangkau.

“Hal ini sangatlah berbahaya terutama dalam masa Pandemi Covid-19. Apabila membawa virus dari luar sampai lolos dan langsung terjun begitu saja berbaur dengan masyarakat tanpa dilakukan pemeriksaan kesehatan,”kata Danlantamal.

“TNI AL, Khususnya Lantamal I melalui Lanal-Lanal jajarannya saat ini masih terus melakukan Patroli dengan intensitas yang tinggi, dalam sepekan terakhir kita sudah melakukan penangkapan dan pengamanan terhadap para penyelundup yang berusaha memasukan para TKI secara Ilegal” ungkapnya.

Kesemua TKI ilegal tersebut diserahkan kepada Satgas Covid-19 Kota Tanjung Balai guna penanganan lebih lanjut serta proses karantina. (P.Sitorus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *