Warga Keluhkan Asap Pembakaran Pengrajin Tungku

IMG-20240310-164257

Banyuwangi, TRIBRATA TV

Warga mengeluhkan asap pembakaran para pengrajin tungku di Dusun Blangkon Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

IMG-20240227-124711

Menurut seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya, limbah asap pada saat pembakaran sangat menganggu pernafasan. “Apalagi jika pada malam hari, sangat terasa sekali,” katanya, Jum’at (23/4/2021).

Menurutnya, asap itu bisa membahayakan kesehatan warga yang menganggu paru-paru atau penyakit dalam lainnya.

Sementara salah satu tokoh masyarakat rumahnya agak jauh dari tempat pembakaran tungku juga menyampaikan keluhannya atas limbah asap dan debu dari usaha itu, khususnya pada saat malam hari.

Sugito, salah seorang pengrajin pembuat tungku mengaku keluhan warga akibat limbah asap pembakaran tungku sudah dimusyawarahkan bersama Kepala Desa. “Warga sudah memberikan tanda tangan pernyataan tidak keberatan dengan adanya usaha pembuatan tungku,” ujarnya, Jum’at (23/4/2021).

Timbul, pengrajin tungku lainnya juga menyampaikan hal yang sama. “Semua pengrajin sudah dikumpulkan. Disepakati bagi para pengrajin yang membakar tungku masih dekat rumah warga agar dipindah agak jauh dari rumah warga tapi sampai saat ini masih banyak yang belum pindah,” tandasnya.

Lebih lanjut Sugito juga menyampaikan,semua berkas tanda tangan warga sudah ada ada di kantor desa dan Kepala Desa juga berjanji akan membuatkan ijin usaha atas pembuatan tungku atau luweng kepada para pengrajin.

Saat dihubungi lewat WhatsApp Kepala Desa membalas, “Njeeeh pak, semoga semua bisa berjalan dengan baik dan wilayah menjadi kondusif serta UMKM tetap berjalan.”

Diakui, usaha pembuatan tungku atau luweng oleh para pengrajin di Dusun Blangkon Desa Kebaman Kecamatan Srono Banyuwangi ini perlu diapresiasi. Sebab disaat pandemi Covid-19, mereka dapat meningkatkan perekonomian lewat home industri. Usaha ini menjadi aset desa yang perlu dibina, diarahkan dan dibantu oleh Pemdes.

Sementara keluhan warga atas asap juga seharusnya segera diselesaikan sehingga usaha pengrajin berjalan dan tidak menganggu kesehatan warga. (irawan)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *