Warga Desa Parbuluan VI Desak Bupati Dairi Realisasikan Janjinya

IMG-20240310-164257

Dairi, TRIBRATA TV

Ribuan masyarakat Desa Parbuluan VI Kabupaten Dairi, Sumatera Utara mendesak Bupati Edy Keleng Ate Berutu merealisasikan janjinya untuk menciutkan kawasan hutan yang dikelola masyarakat.

IMG-20240227-124711

Masyarakat yang tergabung dalam kelompok Petani Marhaen ini merasa Bupati tidak bersikap tegas atas persoalan yang mereka alami

“Dalam pertemuan Pemkab Dairi, Forkopimda dan masyarakat pada 9 September 2020, pemkab berjanji akan meminta ke pemerintah pusat untuk menciutkan kawasan hutan yang saat ini dikelola oleh masyarakat,” kata P.Sijabat, disela-sela memimpin aksi di depan Kantor Bupati Dairi, Selasa (20/4/2021).

Bahkan masyarakat Desa Parbuluan VI juga sudah melakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan DPRD Dairi untuk menindaklanjuti persoalan rakyat atas legalitas tanah. Hasil RDP menyatakan DPRD akan membentuk tim Pansus untuk menindaklanjuti permasalahan-permasalahan masyarakat kelompok Petani Marhaen dengan PT. Gruti dan mengusulkan kepada pemerintahan pusat untuk menciutkan kawasan hutan
yang dikelola warga.

“Namun sampai saat ini Pansus yang disepakati di RDP belum juga terbentuk sedang pengusulan
penciutan atas kawasan hutan juga tidak direalisasikan oleh DPRD,” katanya lagi.

Ironisnya, yang terjadi DPRD Dairi
mengeluarkan perubahan notulen rapat tanpa sepengetahuan kelompok petani Marhaen dan masyarakat Desa Parbuluan VI.

Aksi masyarakat ini akan digelar sampai besok, Rabu (21/4/2021) dengan mendatangi sejumlah pihak, antara lain Polres Dairi, Kantor Bupati dan DPRD Dairi.

Hingga berita ini diturunkan Bupati Edy Keleng Berutu belum menemui warga. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *