Kapolda Sumsel Dampingi Pangdam II/SWJ Pimpin Apel LKO Karhutla

IMG-20240310-164257

Palembang, TRIBRATA TV

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri,S mendampingi Panglima Kodam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi memimpin Apel Gelar Kesiapan Operasi Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kodam II/Swj, Rabu (14/4/2021) bertempat di Apron Bravo Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang.

IMG-20240227-124711

Pada kesempatan tersebut Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi meninjau langsung kesiapan seluruh peserta latihan maupun kelengkapan dan Alutsista yang dilibatkan pada Apel Gelar Kesiapan LKO Karhutla ini.

Secara terpisah Kapolda Sumsel mengatakan inilah upaya serta bentuk sinergitas TNI dan Polri dalam menanggulangi Karhutla. “Dengan kebersamaan ini mari kita jadikan Langit Sumsel biru,”tukas Jenderal Eko.

Dalam arahannya, Pangdam II/Swj mengatakan apel ini bertujuan untuk meyakinkan kesiapan akhir personel dan alutsista serta alat kelengkapan dan sarana prasarana pendukungnya dalam rangka menanggulangi kebakaran hutan dan lahan.

“Dengan kesiapan yang optimal, diharapkan dapat mengantisipasi dan mengatasi setiap kendala yang mungkin dihadapi di lapangan,” kata Pangdam.

Ia juga berharap semua akan lebih siap dalam menghadapi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, sehingga dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkannya akibat kebakaran.

”Oleh sebab itu, saya berharap agar kalian dapat melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya, penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, kesungguhan dan rasa tanggung jawab yang tinggi,” ungkapnya.

“Kerahkan seluruh daya, upaya dan kemampuan yang kalian miliki, agar harapan pimpinan dan masyarakat Sumatera Selatan terbebas dari kabut asap dapat terwujud. Adakan koordinasi yang sebaik-baiknya dengan seluruh instansi terkait yang ada di lapangan, baik Polri, Pemda, BPBD, Manggala Agni maupun dengan masyarakat, guna kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas,” tegas Pangdam II/Swj.

Apel ini melibatkan 565 personel gabungan yang terdiri dari prajurit TNI, Polri, BPBD, Basarnas dan sejumlah instansi pemerintah Provinsi Sumatra Selatan lainnya.

Selain itu juga dilibatkan sejumlah Alutsista yang digunakan untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla milik TNI-Polri, Pemda dan instansi terkait.

Usai apel gelar kesiapan LKO, Pangdam II/Swj dan Kapolda Sumsel beserta rombongan kembali meninjau alat dan perlengkapan Latihan Kesiapsiagaan Operasional secara langsung dan menyaksikan langsung Demo Simulasi pemadaman api oleh peserta latihan gabungan TNI-Polri, Basarnas dan BPBD Sumsel. (Suherman)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *