IMG-20240409-WA0045

Terkait Dana Intensif Nakes, Kapustu Sipaku Area Minta Jaksa dan Polisi Periksa Kapus Simpang Empat

IMG-20240409-WA0076

Asahan, TRIBRATA TV

Kapustu (Kepala Puskesmas Pembantu) Desa Sipaku Area Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan minta pihak Kejaksaan Negri Asahan dan Polres Asahan segera memanggil dan memeriksa Kepala Puskesmas Simpang Empat.

IMG-20240227-124711

Permintaan itu disampaikan Hj Rohana Sinaga selaku Kapustu Sipaku Area saat ditemui di kantornya, Rabu (13/04/2022) siang.

“Saya minta jaksa dan polisi dari unit Tipikor Polres Asahan manggil dan periksa Kepala Puskesmas Simpang Empat, tak lain adalah pimpinan saya terkait dugaan pemotongan dana intensif tenaga kesehatan,” pintanya di awal.

Selain terhadap Kepala Puskesmas Simpang Empat, lanjut Rohana, pihak Jaksa dan Polisi juga memanggil dan memintai keterangan Nurainun Sinaga selaku Bidan merangkap Kapustu Desa Suka Raja, Rafidatul Adawiyah, Bidan Desa Sipaku Area dan Laili Mastoer selaku Bidan Desa merangkap Kapustu Desa Sei Lama.

Bahkan diungkapkan Rohana, seluruh Nakes di Puskesmas Simpang Empat yang melakukan pendataan, pemantauan dan penanganan wabah Covid-19 tahun anggaran 2020 hingga 2021 juga ikut dimintai keterangan.

“Pengakuan Iriani Marpaung selaku Survailance di Puskesmas Simpang Empat, bulan Desember 2020 dana intensif Nakes tahap I sebesar Rp172 juta sudah cair. Sedangkan tahap II cair sekitar bulan Agustus tahun 2021 senilai Rp184 juta,” ungkap Rohana.

Sementara itu, sambungnya, pencairan tahap III dirahasiakan dan disembunyikan oleh Kepala Puskesmas Simpang Empat dan juga Irani Marpaung.

“Entah bagaimanalah cara mereka merekayasa dan mengutak-atik data pencairan dana intensif itu. Kutanya bagaimana SOP khusus penanganan, pendataan dan pemantauan wabah Covid-19, merekapun ngaku gak tahu. Kan aneh, kok bisa cair,” akunya sembari menggelengkan kepala.

“Saat saya bertemu Rafidatul Adhawiyah, dia mengaku pemotongan intensif Nakes itu diserahkan kepada Iriani Marpaung dan langsung disetorkan kepada orang Dinas Kesehatan Asahan.

Terpisah, hingga berita ini dikirimkan ke meja redaksi, Kepala Puskesmas Simpang Empat, M Sutan Fakhrizal Munthay belum berhasil ditemui dan dikonfirmasi lewat pesan Whatsapp. (Gon)

IMG-20240310-WA0073

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *