IMG-20240409-WA0045
Hukum  

Soal Rokok Ilegal dari Singapura, DPRD Batam Minta Bea Cukai & Guskamla Terbuka

IMG-20240409-WA0076

Batam, TRIBRATA TV

DPRD Kota Batam meminta kepada Bea dan Cukai Kota Batam dan Guskamla Koarmada I untuk terbuka kepada publik dalam memproses penyidikan penyelundupan 1.673 bal rokok ilegal yang berasal dari Singapura.

IMG-20240227-124711

Anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha mengapresiasi Guskamla Koarmada 1 yang menggagalkan penyelundupan rokok ilegal.

“Saya mengapresiasi Guskamla Koarmada 1 dalam mengagalkan penyelundupan rokok ilegal. Ini sebuah operasi dan penindakan yang sangat bermanfaat, agar kedepannya para pelaku-pelaku usaha menjalankan usahanya sebagaimana mestinya mematuhi undang-undang dan peraturan yang berlaku,” ujar Utusan saat ditemui diruangan kerjanya pada Rabu (31/3/2021) sore.

Lanjutnya, kita juga berharap kepada BC Batam dan Guskamla yang saat ini masih melakukan penyelidikan atau penyidikan agar terbuka kepada publik dalam memberikan keterangan dan informasi yang sejelas-jelasnya agar tidak menimbulkan tendesi terhadap apa yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

“Kalau memang benar, kapal KM Karya Sampurna tidak menyalahi aturan, maka itu harus disampaikan secara terbuka yang disertai dengan aturan-aturan yang memperbolehkan kegiatan itu,” bebernya.

“Artinya, ini jangan sampai sifatnya ditutup-tutupi, bahkan bisa menimbulkan ketidak kepercayaan publik terhadap kinerja BC Batam dan Guskamla,” sambungnya.

Utusan juga mengatakan, BC Batam dan Guskamla kita dukung penuh dalam membongkar kegiatan – kegiatan ilegal baik yang merugikan negara maupun pelanggaran yang bersifat administratif.

Kalau nanti proses pengumpulan informasi, keterangan maupun dokumen yang ada, perlu disampaikan secara terbuka agar masyarakat bisa memahaminya dan tidak mendapatkan informasi sepotong-potong.

“Siapapun yang terlibat dalam proses ini, walaupun melanggar, dan mengandung unsur pidana, maka itu harus diproses sampai ke pengadilan,” tegasnya. (Saugi Sahab)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *