IMG-20240409-WA0045

Bupati Asahan Pastikan Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Berjalan

IMG-20240409-WA0076

Asahan, TRIBRATA TV
Tak lama usai dibentuk, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Asahan langsung bergerak cepat.

Setelah lakukan serangkaian koordinasi pelaksanaan tugas, hari ini, Minggu (29/3/2020), Bupati Asahan H. Surya, B.Sc sebagai Ketua Tim, meninjau Posko Gugus Tugas Penanganan Corona di Kantor Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Asahan.

IMG-20240227-124711

Didampingi Sekretaris Daerah, Asisten dan OPD terkait, Bupati Asahan menyampaikan gedung Dekranasda diubah sementara menjadi Posko penanganan virus corona di Asahan.

“Kami memastikan kesiapan gedung Dekranasda sebagai posko bagi tim yang akan bertugas untuk mencegah penyebaran virus corona, mulai besok sudah bisa beroperasi,” ujar Surya.

Dijelaskan Surya, nantinya di posko tersebut akan ditempatkan petugas dari beberapa unsur yakni tenaga kesehatan, TNI, Polri dan pimpinan wilayah setempat.

“Petugas di posko nantinya akan stand by 24 jam setiap hari untuk terima laporan dan penanganan awal penyebaran Covid-19,” terang Surya.

Pantauan wartawan, usai melakukan peninjauan di lokasi Posko, rombongan Bupati bergeser menuju RSUD HAMS untuk melihat pelaksanaan antisipasi penyebaran covid-19.

Dalam kunjungan tersebut, Direktur RSUD HAMS dr. Edi Iskandar melaporkan bahwa rumah sakit itu telah penuhi standar operasional prosedur penanganan bila nantinya terdapat pasien yang tertular virus corona.

Dalam kunjungannya, Bupati juga terima laporan saat ini ada satu orang dengan status ODP tengah dirawat di ruang isolasi RSUD HAMS.

Mendengar laporan tersebut, Bupati melihat langsung kondisi pasien, sembari berpesan kepada Dirut bahwa segala biaya perobatan pasien tersebut akan ditanggung oleh dirinya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran virus corona.

“Tetap terapkan pola hidup bersih dan sehat, jangan panik dan tidak melakukan tindakan berlebihan dalam membeli kebutuhan, serta kurangi aktifitas di luar rumah dan tempat keramaian bila tidak ada kepentingan mendesak,”imbau Surya.

Tak lupa Surya berharap partisipasi dari masyarakat untuk proaktif mencegah penyebaran virus corona dengan melaporkan kepada Sekretariat Gugus Tugas bila mengetahui ada warga yang memiliki gejala atau baru kembali dari daerah yang terjangkit hubungi ke call center Gugus Tugas di Nomor 08116796119.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah, Taufik Zainal Abidin juga mengimbau masyarakat untuk tetap berada dirumah. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Taufik juga meminta kepada warga yang berada di luar kota untuk tidak memaksakan kembali bila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak.

“Saya himbau masyarakat untuk tetap berada di rumah, dan bila ada warga Asahan sedang diluar kota dengan kebutuhan yang tidak mendesak, hendaknya memanfaatkan penggunaan teknologi informasi untuk selesaikan kepentingan tanpa harus memaksakan datang ke Asahan,” harap Taufik. 

Terakhir, Taufik berpesan kepada masyarakat agar menerapkan pola physical distancing dengan menjaga jarak fisik dan mengisolasi diri jika sedang sakit.

“Masyarakat diminta tetap melakukan interaksi sosial seperti biasa, namun kali ini mungkin dengan cara lain yang tidak memerlukan kehadiran fisik secara langsung, semisal memanfaatkan teknologi informasi dan menggunakan media sosial,” ujar Taufik. (Gon)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *