Star Batu Bara Berinovasi Racik Hand Sanitizer, Dibagikan Gratis ke Warga

IMG-20240310-164257

Batu Bara, TRIBRATA TV
Tak semua warga memiliki sanitizer untuk pencegahan Virus Corona yang menjadi momok dunia saat ini. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Srikandi Tangguh Batu Bara (Star).

Meski hanya sebagai organisasi level kabupaten namun tidak menyurutkan tekad srikandi-srikandi yang tergabung dalam Star untuk mewujudkan kepedulian terhadap masyarakat.

IMG-20240227-124711

Bekerjasama dengan Komunitas Pemuda Peduli Sosial (KP2S) diketuai Irhan Guntara, Star memproduksi dan mendistribusikan pembersih tangan guna meminimalisir penyebaran Virus Corona atau Covid 19.

Demikian rangkuman pembicaraan Ketua Star Wan Azimah bersama Sekretaris Hervina dengan wartawan di Lima Puluh, Jumat (27/3/2020).

Dikisahkan Wan Azimah, untuk muwujudkan niat mereka yang kebetulan didukung kepiawaian Hervina Rahmadani yang merupakan alumni Kimia Farmasi USU tersebut, para srikandi muda Batu Bara tersebut belajar otodidak dengan bantuan internet.

Sedangkan biaya yang diperlukan untuk memproduksi hand sanitizer sesuai standar WHO, para srikandi mengumpulkan bantuan dari para dermawan yang memiliki kepedulian terhadap sesama.

Bahan baku alkohol 96%, gliserin, H2O2 dan Aquades diramu sesuai takaran untuk menghasilkan hand sanitizer yang dapat membunuh bakteri atau virus yang lengket di tangan.

Karena efek alkohol dapat membuat kulit menjadi keras dan kaku, Star menambahkan gliserin yang berfungsi melembutkan kulit.

Adapun manfaat hand sanitizer dikatakan Hervina dapat membersihkan tangan untuk menghindari paparan resiko penyebaran Covid 19.

Untuk mendistribusikan hand sanitizer yang diberikan kepada masyarakat secara gratis, Star memfungsikan relawan Star dan KP2S hingga ke desa desa.

Diakui Wan Azimah, untuk tahap pertama pihaknya baru dapat meproduksi 400 botol hand sanitizer.

“Karena keterbatasan dana, kita baru bisa produksi 400 botol. Karena itu kami mohon uluran tangan dermawan untuk memberikan bantuan agar kami dapat meproduksi hand sanitizer sebanyak-banyaknya”, harap Wan Azimah.

Disebutkan Wan Azimah, hasil produk mereka diapresiasi Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis yang telah membawa sampel produk ke Kapoldasu.

Hal yang sama akan terus dilakukan Star untuk pencegahan Covid-19 di Batu Bara. (Plk)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *