Peringati Hari Rimbawan, KPH XIII Akan Tanam Pohon Bersama Kelompok Tani Hutan

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Memperingati Hari Rimbawan ke-38, Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan atau yang sering disebut UPT KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul, merencanakan penanaman pohon secara serentak bersama kelompok tani hutan yang ada di wilayah kerjanya.

IMG-20240227-124711

Bibit pohon yang akan ditanam dalam kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan dalam melestarikan hutan dan bukan semata-mata memungut hasil hutan akan tetapi turut menjaga keseimbangan hutan.

Salah seorang Ketua kelompok tani hutan bermarga Sihotang yang berada di wilayah Kabupaten samosir menceritakan bahwa bibit pohon produktif telah didistribusikan ke mereka.

“Bibit sudah didistribusikan ke kita lae, tinggal instruksi dari KPH saja kapan kita tanam secara serentak,” ujar Sihotang.

Sihotang turut berharap, semoga kegiatan ini nantinya berjalan dengan lancar tanpa ada halangan berarti dan menceritakan jika kelompoknya sangat antusias untuk mengikutinya.

Sementara itu Kepala UPT KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul Benhard Purba melalui plt. Kasi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan Toga P. Sinurat M.Si ketika di konfirmasi via whatsapp, Kamis, (25/3/2021) membenarkan tentang hal kegiatan ini.

“Baik terima kasih bang. Jadi melalui bibit produktif yang diserahkan oleh Balai Pengelolaan DAS Pematangsiantar kepada UPT KPH Wilayah XIII Doloksanggul dilakukan pembagian ke masyarakat dan kelompok tani hutan,” jelas Toga

Ditambahkan bahwa seluruh kelompok yang bermitra dengan UPT KPH Wilayah XIII telah menerima bibit pohon yang mereka salurkan.

“Untuk kelompok tani hutan yang telah bermitra dengan KPH dan telah menerima bibit tersebut direncanakan melakukan penanaman serentak di lokasi kerja masing-masing untuk menambah tegakan hutan pada lahan-lahan terbuka,” tambahnya.

Adapun bibit pohon yang disalurkan merupakan pohon produktif dan unggul yang dicanangkan dapat menambah perekonomian masyarakat khususnya kelompok mitra mereka serta menambah kelestarian hutan yang akan diwariskan ke generasi berikutnya.

“Bibit yang kita berikan berupa alpukat, mangga, sawo, durian, jambu madu dan makadamia nut,” tegasnya. (Dodye)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *