IMG-20240409-WA0045

Kadis Koperasi dan UKM Nisel Buka RAT 1 KSP GMS

IMG-20240409-WA0076

Nias Selatan, TRIBRATA TV

Untuk yang pertama kali Koperasi Simpan Pinjam Generasi Mandiri Sejahtera KSP-GMS melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) 1 tahun buku 2022-2023 sejak berdiri 1 Februari 2022 lalu.

IMG-20240227-124711

Haal ini dikatakan Ketua Panitia Pelaksanaan RAT Ahabi Tafonao, S.Pd, saat menyampaikan kata sambutan. Menurutnya unsur yang mengikuti RAT ini berasal dari 36 kantor cabang di seluruh Indonesia yang beranggotakan 15.000 orang aktif.

“Karena mereka yang hadir berasal dari unsur maka ada unsur anggota, pengurus, dan pengawas dari masing-masing kantor unit dan cabang ditambah dengan seluruh pengurus Pusat KSP-GMS Kota Pekan Baru Provinsi Riau,” tutur Ahabi Tafona’o.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Nias Selatan, T Halawa yang mewakili Bupati Dr. Hilarius Duha, SH.MH, Camat Gomo Firman Lase, SE, ibu Pendeta Fungsional Jemaat BNKP Orsif Gomo, Ketua Umum Balohuku Tafona’o dan Nyonya, seluruh Pengurus Pusat dari Kota Pakan Baru Provinsi Riau, 36 Kepala Cabang, para Pengawas dan seluruh Panitia RAT.

Juga hadir mewakili Kapolsek Gomo, Kades Hiliana’a Gomo, Kades Lolosoni Kecamatan Gomo, mantan Anggota DPRD Nias Selatan Karyawan Bago, SH, Ikhtiar Telaumbanua (Ama Gledis) dan mewakili tokoh masyarakat, Ama Wira Telaumbanua.

Sebelum memasuki ruangan RAT, para tamu disambut dengan tarian kreasi baru berciri khas Adat Nias. Begitu sampai ditempat duduk tamu kembali disuguhkan sekapur sirih sebagai ungkapan penghormatan dan penghargaan bagi tamu, sesuai dengan tradisi adat Nias.

Dalam kata sambutannya, Ketua Umum KSP-GMS Balohuku Tafona’o, S.Pd mengungkapka saat ini keanggotaan KSP-GMS berjumlah 15.000 aktif dan selama kurang lebih 12 bulan dana anggota yg telah terhimpun sejumlah Rp21.495.000.000, dan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp1.518.000.000.

“Akan segera dibagi tunai kepada para anggota melalui kantor cabang KSP-GMS masing-masing. RAT yang dilaksanakan hari ini sangat bermakna untuk meletakan kesepakatan dan rencana yang akan dijalankan tahun depan karena keputusan yang tertinggi adalah hasil kesepakatan RAT,” kata Balohuku.

Mari kita belajar dari pengalaman tahun lalu untuk kita jadikan sebagai peluang pada tahun yang akan datang, tandasnya.

Mewakili anggota, Ama Rianus Hia, mengusulkan agar pada pelaksanaan RAT ke depan diberikan perangsang seperti hadiah kepada anggota sebagai penyemangat.

Sedang Firman Lase, SE, menegaskan Pemerintah Kecamatan Gomo mendukung sepenuhnya Koperasi Simpan Pinjam Generasi Mandiri Sejahtera (KSP-GMS). Bahkan ia menyampaikan minatnya untuk menjadi seorang anggota dari KSP-GMS.

Pada RAT kali ini, ada tanda penghargaan dari Kantor Pusat KSP-GMS bagi Kantor Cabang yang dinilai memiliki kinerja yang tinggi baik dari sektor jumlah keanggotaan yang tergarap maupun dari sektor jumlah nilai simpanan serta kepatutan dalam laporan administrasi keuangan. Juga turut dinilai situasi tatalaksana administrasi dikantornya masing-masing.

Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sangat mengapresiasi dan merasa bangga dengan progres kerja yang dilaksanakan oleh Badan Pengurus KSP-GMS karena sekalipun umurnya baru setahun tapi sudah kelihatan dewasa dalam berinovasi dan berkreasi.

“Nampak dalam jumlah keanggotaan, jumlah dana yang terhimpun dan ekspansi usaha yang begitu meluas dan cepat dimana saat ini sudah 36 Kantor Cabang di seluruh Indonesia,” kata Kadis Koperasi dan UKM Nias Selatan.

Karenanya tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak mendukung kegiatan KSP – GMS. “Justru Pemerintah berterimakasih kepada Badan Pendiri dan Pengurus yang sudah bekerja maksimal, kedepan kami minta agar keberadaan Kantor Cabang baik yang sudah aktif maupun yang masih rencana hendaknya disampaikan kepada kami sebagai bahan laporan kami kepada Pemerintah Provinsi dan Kementerian Koperasi/UKM,” pinta T. Halawa menyudahi kata sambutannya.

Acara ini dipandu oleh Juniman Baene, SP sekaligus Sekretaris Panitia dan Sekretaris Badan Pengawas Kantor Cabang Nias Timur.

Dari pemantauan TRIBRATA TV di lapangan kemajuan yang dicapai KSP-GMS saat ini karena Badan Pengurus Pusat sangat agresif, inovatif dan kreatif dalam pelayanan teristimewa karena seluruh anggota KSP-GMS wajib memiliki dana sosial yang berasal dari kerjasama dengan perusahaan asuransi jiwa dengan preminya sangat rendah karena bersifat sosial.

Awak Media meyakini warga masyarakat setempat sangat antusias untuk bergabung dengan KSP-GMS karena variable usaha yang unik serta keseriusan para pengurus. (Sn. Telaumbanua)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *