Pengurus Saka Adyasta Pemilu Dilantik, Kawal Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun

IMG-20240310-164257

Simalungun, TRIBRATA TV

Kepala Sekretariat dan jajaran Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten Simalungun resmi dilantik menjadi pengurus majelis pembimbing dan pimpinan cabang Saka Pramuka Adyasta Pemilu Kabupaten Simalungun Masa Bakti 2023-2026.

IMG-20240227-124711

Pelantikan tersebut digelar di Siantar Hotel, Selasa (21/3/2023), dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara, Syafrida R Rasahan.

Satuan Karya Pramuka Adhyasta Pemilu disingkat Saka Adhyasta Pemilu adalah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu untuk menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu.

Perwakilan dari Kwarcab Simalungun, Juarsa Siagian melantik dan mengambil sumpah terhadap 30 orang pengurus Saka Adyasta Pemilu Tahun 2024 Kabupaten Simalungun Masa Bakti 2023-2026.

Setelah prosesi pelantikan, Juarsa membacakan sambutan Ketua Kwartir Cabang, H. Zonny Waldi yang juga Wakil Bupati Simalungun karena berhalangan hadir.

Zonny Waldi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bawaslu Kabupaten Simalungun yang telah mengusulkan dan membentuk Saka Adhyasta Pemilu yang merupakan bentuk kepedulian dan juga strategi serta inovasi Bawaslu Kabupaten Simalungun dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Simalungun, Muhammad Choir Nazlan Nasution mengatakan pembentukan Saka Adyasta adalah salah satu bentuk terobosan dari Bawaslu untuk menggalang semua pihak berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024.

“Ada tiga krida dalam Saka ini, yakni Krida Pengawasan, Krida Pencegahan dan Krida Penanganan Pelanggaran,” jelas Choir.

Pembentukan Saka Adyasta Pemilu untuk Provinsi Sumatera Utara, Bawaslu Kabupaten Simalungun merupakan kabupaten/kota kedua yang melaksanakan pelantikan ini. (Marisi Bangun Sirait)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *