Bupati Nias Resmikan Jembatan Cinta Kasih Hilioraluo Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia

IMG-20240310-164257

Nias, TRIBRATA TV

Bupati Nias Ya’atulo Gulo meresmikan Jembatan Cinta Kasih Hilioraluo Desa Orahili Kecamatan Ulugawo Kabupaten Nias, Senin (20/03/2023).

IMG-20240227-124711

Hadir Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Nias, Camat Ulugawo, Camat Idanogawo, Ketua Pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan beserta rombongan, mewakili Kodim 213 Nias, mewakili Danramil 023 Idanogawo beserta anggota, mewakili Kapolres Nias, mewakili Kapolsek Idanogawo dan Polsek Ulugawo, Para Kepala Desa, Tokoh Masyarakat.

Kepala Desa Orahili melaporkan bahwa pada bulan September 2022, perangkat desa dan seluruh jajaran menyampaikan kepada koramil 023 idanogawo untuk mencari solusi untuk membangun akses yaitu jembatan yang menghubungkan Desa di seberang sungai yakni Lawa-Lawa Luo, Hiliweto Gela, Orahili ditambah lagi di wilayah Desa tersebut terdapat 2 (dua) Gedung SD, 1 (satu) Gedung SMP dan 4 (empat) Gedung Gereja.

“Koramil 023 Idanogawo berinisiatif mencari donatur yang dapat mensponsori kegiatan pembangunan jembatan tersebut dan Puji Tuhan telah bekerjasama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan.

“Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan telah bersedia untuk mendanai seluruh biaya bahan material dan para pekerja yang merupakan swadaya dari masyarakat Desa. Kami berharap agar ke depannya dapat dibangun Bronjong agar keberadaan Jembatan tetap kokoh dan tidak mudah ambruk bilamana terjadi banjir,”ucapnya.

Dalam sambutannya Ketua Pengurus Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan, Mujianto menyampaikan agar masyarakat dapat bersama-sama merawat jembatan tersebut. Ia mengatakan bahwa di Kepulauan Nias sudah ada 6 (enam) jembatan yang telah dibangun oleh yayasan tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mempercayakan kepada kami pembangunan jembatan ini serta swadaya masyarakat yang mau bekerjasama untuk membangun jembatan ini, semoga ke depannya dapat dibangun lagi jembatan lainnya di wilayah yang membutuhkan.

Bupati Nias mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Cabang Medan atas perhatiannya di Kabupaten Nias yang sangat bermanfaat bagi kemanusiaan. Bahwa pernah diusulkan sebanyak 18 pembangunan di Kementerian Sosial namun sampai sekarang masih belum terealisasi.

“Kami butuh sebanyak itu karena di Kabupaten Nias ada 170 Desa dan 10 Kecamatan dan masih 22 Desa lagi yang terisolasi dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan sama sekali dan paling banyak berada di Kecamatan Somolo-molo, Kecamatan Ulugawo dan Kecamatan Ma’u karena aksesnya banyak melewati sungai.

Bupati Nias juga berterimakasih kepada Kepala Desa yang telah menggerakkan kegiatan gotong-royong untuk pembangunan jembatan dan berharap agar lebih ditingkatkan lagi ke depannya.

“Marilah kita rawat aset ini, apalagi akan memperbaiki tingkatan kinerja Desa dalam hal pendidikan, kesehatan dan perekonomian, baik sarana dan prasarana yang ada agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (F/Lase)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *