Hilang Saat Tsunami Aceh, Anggota Brimob ini Ditemukan Hidup

IMG-20240310-164257

Banda Aceh, TRIBRATA TV

Sebuah kabar mengembirakan sekaligus sedih beredar di Aceh. Seorang anggota polisi bernama Asep, yang telah dinyatakan anumerta dalam bencana Tsunami tahun 2004 lalu ditemukan dalam keadaan hidup.

IMG-20240227-124711

Anggota Brimob Resimen II Kedung Halang Bogor yang di BKO kan ke Polda Aceh ini ditemukan berada di RSJ Zainal Abidin Banda Aceh.

Tahun 2004, Asep bertugas di Poskotis Brimob Peukan Banda Aceh. Saat itu Asep masih sebagai Bhayangkara Muda dengan pangkat sebagai Ajun Brigadir Polisi (Abrip). Ia adalah lulusan Sekolah Tamtama Polri tahun 1999/2000.

Pada saat terjadi Tsunami yang mengguncang Aceh, Desember 2004, Asep sedang bertugas pada posko pengamanan mengingat waktu itu Aceh sedang bergejolak politik dengan adanya Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Tsunami pagi itu menyapu bersih posko tempat Asep bertugas. Seluruh bangunan lainnya yang ada juga rata dengan tanah. Bencana ini menelan korban jiwa hingga puluhan ribu jiwa.

Asep dilaporkan hilang sebagai korban bencana Tsunami Aceh dan ia diberi kenaikan pangkat sebagai Abrip Anumerta Asep.

Namun begitu mendapat informasi Asep masih hidup, perasaaan haru para sahabat di Polda Aceh tak terbendung.

Pihak Rumah Sakit Jiwa Zainal Abidin menginformasikan kalau salah satu pasiennya diduga adalah personil Polri yang dinyatakan hilang saat tsunami.

Bripka Indra bersama rekan-rekannya langsung kerumah sakit dan mendapati Asep sedang berada ditengah para pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). Saat mereka datang Abrip Asep tidak merespon dengan normal.

Hal inipun bisa dimaklumi. Sampai sejauh ini pihak rumah sakit telah mencocokan ciri fisik serta ciri lainnya dan mendekati ciri seorang Abrip Asep.

Kecocokan ini masih perlu koordinasi dengan pihak keluarganya di Palembang Sumatra-Selatan.

Suasana pertemuan itu belum bisa digambarkan dengan kata-kata lantaran rasa haru yang tak berpenghabisan dari para sahabat apalagi keluarga. 16,3 tahun, Abrip Asep hilang dan dikabarkan meninggal dunia, kini ditemukan kembali sebagai seorang yang sempurna meski mengalami gangguan jiwa dan belum bisa berkomunikasi dengan sempurna.

Rasa syukurpun tak henti-hentinya bagi Sang Khalik pemberi Kehidupan atas mukjizat ini. Keluarga besar Polri akan berbahagia atas informasi ini.

Banyak yang berharap, semoga saja Asep bisa sehat kembali dan hidup normal. (Martinus)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *