Peralatan BPBD Toba Minim, Bupati: Disiapkan Sesuai Kemampuan

IMG-20240310-164257

Toba, TRIBRATA TV

Kepala Dinas BPBD Kabupaten Toba, dr Pontas Batubara keluhkan minimnya peralatan yang dimiliki dinasnya dalam penanggulangan saat terjadi bencana.

IMG-20240227-124711

Hal tersebut dijelaskan kepada TRIBRATA TV saat proses pencarian warga yang hanyut di Desa Meranti Utara pada Rabu 3 Maret 2021 lalu.

Menurutnya, dalam proses pencarian warga yang hilang di sungai, pihaknya hanya memiliki dua perahu karet yang bisa tahan selama 1 jam. Karenanya mereka sering terpaksa meminjam perahu karet ke pihak Basarnas.

Sedang dalam penanganan bencana longsor, mereka meminjam peralatan dari Dinas PUPR Toba. Diakuinya BPBD Toba tidak memiliki dana langsung pakai untuk menunjang kinerja mereka.

Hal ini kata dr Pontas Batubara telah disampaikan kepada Pemkab Toba dan DPRD namun sampai saat ini belum ada realisasi. Akibatnya BPBD selalu lamban dalam menangani setiap bencana.

Bupati Toba, Poltak Sitorus yang dikonfirmasi mengatakan akan melakukan sesuai dengan kemampuan. Ia akan berkoordinasi dengan kabupaten lain.

Ketika ditanya tentang dana siap pakai, Poltak Sitorus mengatakan harus diberikan sesuai peraturan yang berlaku. (Jamarlin saragih)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *