IMG-20240409-WA0045

Keturunan Sagala Raja Bangun Monumen di Samosir

IMG-20240409-WA0076

Samosir, TRIBRATA TV

Keturunan marga Sagala se-dunia membangun tugu/monumen Sagala raja di Gindolok, Sagala, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir. Pembangunan tugu ditandai dengan peletakan batu pertama, Kamis (4/3/2021).

IMG-20240227-124711

Acara diawali kebaktian yang dipimpin Pdt.Perwin Manullang S.Th dengan tema Kerukunan Yang Sejati. “Dengan peletakan batu pertama monumen ini, Sagala raja dan boru semakin hidup rukun,” ujarnya.

Pembangunan tugu ini sudah lama diinginkan keturunan marga Sagala diseluruh dunia, mengingat marga Sagala salah satu marga tertua di suku Batak.

Salah satu Raja Bius Sagala, Halomoan Sagala mengatakan dengan berdirinya tugu ini, menunjukkan persatuan dan kesatuan marga Sagala dimanapun berada serta selalu ingat akan kampung halaman.

“Setelah peletakan pertama ini, keturunan Sagala raja makin kompak dan ingat pulang kampung,” ujar Halomoan.

Ia berharap tugu yang akan dibangun ini juga menjadi ikon pariwisata di Samosir dan Sianjur Mulamula secara khusus.

“Letaknya yang strategis ini, bisa menjadi ikon wisata,” tambahnya.

Sementara, Plt Sekretaris Punguan Sagala Raja Se-Indonesia Reinhard Sagala mengatakan dengan dibangunnya tugu ini bisa menjadi daya tarik untuk kawula muda mengingat kampung halamannya.

“Kalau tugu ini sudah jadi, menjadi daya tarik bagi para keturunan marga Sagala yang diperantauan untuk pulang kampung,” ungkap Reinhard. (Dodye)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *