Bhabinkamtibmas Polres Samosir Mediasi Warga yang Bertikai

IMG-20240310-164257

Samosir, TRIBRATA TV

Kehadiran anggota Polri di tengah masyarakat sangatlah diperlukan terutama dalam menyelesaikan masalah antar warga. Salah satunya melakukan mediasi permasalahan ataupun kesalahpahaman yang terjadi antara warga di wilayah binaan masing-masing.

IMG-20240227-124711

Hal ini pula yang dilakukan Bhabinkamtibmas Aiptu DB.Siregar SH di Desa Siboro, Kecamatan Sianjur Mulamula Kabupaten Samosir, Selasa (2/3/2021).

Aiptu DB.Siregar memediasi sebagai problem solving untuk perdamaian warga yang berselisih paham hingga terjadi pertengkaran pada hari Rabu (24/2/2021) lalu. Yang pada akhirnya seorang warga mengadu ke Polres Samosir.

Turut hadir dalam kesempatan ini Kepala Desa Siboro, Babinsa, BPD, tokoh masyarakat, perangkat desa dan tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar yang dilaksanakan di kantor desa siboro dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid 19.

Bhabinkamtibmas bersama tiga pilar mempertemukan kedua belah pihak serta mengklarifikasi dan memberikan pengertian. Sehingga kedua belah pihak sepakat untuk berdamai dan saling memaafkan dengan cara kekeluargaan yang selanjutnya membuat pernyataan perdamaian secara tertulis.

Adapun kegiatan tersebut dilakukan bertujuan agar dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta terjalinnya silaturrahmi dan hubungan yang baik kedepannya antara kedua belah pihak. Serta dengan selesainya perdamaian ini dapat menciptakan kamtibmas yang kondusif di Samosir.

Menurut Aiptu DB.Siregar sudah menjadi tugas Bhabinkamtibmas untuk menjamin kamtibmas yang kondusif di wilayah desa binaan masing-masing

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di desa binaan untuk menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif,” tegas DB.Siregar.

Ia berharap tidak terjadi lagi hal-hal yang dapat mengganggu situasi kamtibmas, apalagi dimasa pandemi saat ini. Karena seluruh lapisan masyarakat diharapkan menjadi pelopor protokol kesehatan.

“Mari kita jaga bersama situasi kamtibmas, terlebih di masa covid ini. Kita semua harus menjadi pelopor prokes,” tutupnya. (Dodye)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *