IMG-20240409-WA0045

Ny Nawal Edy Puji Keuletan Ny Satika Simamora Promosikan Ulos

IMG-20240409-WA0076

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Ketua Dekranasda Tapanuli Utara (Taput), Satika Simamora menghadiri pertemuan dengan Ketua Dekranasda Sumut Ny. Nawal Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua Dekranasda Sumut Ny. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah terkait program kerja Dekranasda Sumatera Utara bertempat di The Kaldera Toba Nomadic Escape Desa Sibisa Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba, Senin (10/2/2021).

IMG-20240227-124711

Saat meninjau produk Dekranasda Tapanuli Utara, istri Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut menunjukkan kekagumannya akan tenun ulos dengan motif Taput dan juga berbagai produk kreasinya serta berharap produk Taput kembali meraih prestasi di tingkat nasional.

“Semoga tenun ulos Taput kembali meraih juara I pada berbagai perlombaan tingkat nasional. Saya yakin ditangan Ibu Satika Simamora, Dekranasda Taput akan mampu memperkenalkan Tenun Ulos semakin luas. Saya melihat keseriusan dan keuletan Ketua untuk membina para pengerajin,” jelas Nawal Lubis.

Nawal tampil dengan mengenakan outer berbahan kreasi tenun ulos motif Mangiring dan Wakil Ketua mengenakan bermotif Jugiyah yang merupakan produk UKM Tapanuli Utara. Rombongan Ketua Dekranasda Sumut juga memborong berbagai produk Dekranasda Taput termasuk tenun ulos yang sedang dikerjakan penenun.

Pada kesempatan tersebut, Satika Simamora menjelaskan bagaimana tenun ulos memiliki kualitas terbaik termasuk melakukan berbagai kreasi sehingga para petenun tetap semangat ditengah pandemi saat ini.

“Kita bersama Dekranasda Taput akan semakin giatkan segala upaya dalam memajukan tenun ulos termasuk promosi dan pembinaan para petenun. Kita perlu melakukan pembinaan bagaimana corak tenun itu semakin diminati, bagaimana bahan tenun itu semakin baik sehingga nilai jualnya semakin tinggi termasuk pemakaian pewarna benang dari bahan alami,” ucap Satika Simamora.

“Kita tidak akan bosan untuk memperkenalkan produk-produk UMKM termasuk tenun ulos dengan corak dan motif lokal. Semoga dengan berbagai upaya kita ini, para penenun ulos kita akan semakin mampu meningkatkan perekonomian keluarga terutama akibat pandemi covid saat ini,” harap istri Bupati Taput, Nikson Nababan.

Dalam kegiatan yang diikuti beberapa Dekranasda Kabupaten se-kawasan Danau Toba, Dekranasda Taput menampilkan berbagai tenun ulos seperti Harungguan, Bintang Maratur, Sibolang Rasta, Bintik dan juga Sadum serta berbagai kerajinan hasil kreasi dengan memadukan tenun ulos seperti kreasi masker, sortali, tas tangan dan kipas. (Harapan.S)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *