Pastikan Steril Narkoba, Rutan Balige Razia Napi dan Sel

IMG-20240409-WA0076

Toba, TRIBRATA TV

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas Dua Balige menggelar razia mendadak sel tahanan narkoba Lorong Sisingamangaraja kamar empat, Kamis (11/2/2021). Razia dipimpin kepala penjara Edison Tambunan didampingi Lisben Manalu beserta staf.

IMG-20240227-124711

Kepala Rutan Balige melalui Edison Tambunan mengatakan, penghuni narapidana narkoba sebanyak 198 orang dari total narapidana 311 orang. Dari razia ditemukan satu ponsel android, ponsel biasa, 2 charger hp, dua headset, cutter, mancis, gunting dan paku bangunan.

Barang temuan ini kemudian dihancurkan dengan palu.

“Sidak sel tahanan bertujuan untuk menunjang kinerja dan keterbukaan kepada masyarakat, tidak ada peredaran narkoba di rutan,” ucap Edison.

Menurutnya, seluruh tahanan digeledah tubuh dan ruangannya, namun tidak ditemukan obat-obat terlarang. “Kita hanya menemukan beberapa alat komunikasi dan barang tajam,” tandasnya.

Dikatakannya, sidak ini rutin dilakukan, mengingat tingginya pemakaian narkoba di Kabupaten Toba.

“Kita ingin memastikan tidak ada narkotika di dalam rutan. Dalam razia kita tetap menerapkan protokol kesehatan terutama dengan memakai masker,” ujarnya lagi.

Sedang Kasie Pelayanan, Lisben Manalu menambahkan, pelaksanaan razia ini untuk menunjukan kepada masyarakat melalui media massa, kalau rutan steril dari narkotika.

Terkait pelayanan kunjungan napi, dikatakannya, tidak secara tatap muka, tetapi secara virtual di sebuah ruangan.

Rutan juga sudah menyediakan sensor suhu tubuh di dinding, sehingga tidak perlu lagi memakai Thermo Gun.

Rutan ini juga sudah menyediakan fasilitas wastafel cuci tangan, handsanitizer dan sensor tubuh. (Berlin Yebe)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *