Orang Pertama Divaksin, Nikson Nababan Mengaku Tetap Sehat dan Fit

IMG-20240310-164257

Tapanuli Utara, TRIBRATA TV

Nikson Nababan menjadi orang pertama di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) yang menjalani vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di rumah dinas Bupati, Jumat (5/2/2021).

IMG-20240227-124711

“Hari ini saya disuntik Vaksin Covid-19, orang pertama di Taput, kalau saya meninggal dunia, warga Taput jangan disuntik,” ucap Nikson setelah hampir satu jam disuntik.

Bupati mengimbau agar warga tidak perlu takut untuk divaksin, karena tidak ada pengaruh apapun. “Vaksin Sinovac yang disuntikkan dalam kondisi steril dan halal,”ujar Nikson.

30 menit usai disuntik, Nikson Nababan mengatakan, tidak ada masalah apapun, tidak ada rasa pusing, tidak mual, badan tetap fit.

Dalam vaksiniasi ini, angkatan pertama yang akan disuntik adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk tenaga honorer. Dinas Kesehatan adalah OPD yang pertama dilakukan vaksinasi selanjutnya bertahap ke dinas yang lainnya.

“Setelah itu baru untuk keseluruhan masyarakat Taput,” tambah Nikson.

Tidak hanya Bupati Taput yang disuntik, masih ada puluhan Forkopimda Taput yang divaksin di tempat yang sama. Tampak Wakapolres Taput, Kompol J Sitompuk ikut divaksin.

Vaksinasi itu diikuti antara lain Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Taput, Ketua Ormas Islam dan Kristen, dan Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Taput

Sebelum dilakukan tahap vaksinasi, terlebih dahulu dilakukan registrasi dan cek kesehatan. Bagi yang tensinya di atas 140, ditunda untuk vaksinasi dan dilakukan pemulihan sampai turun dibawah 140.

Tenaga vaksinator adalah tenaga medis dari Rumah Puskesmas Hutabaginda yang telah mendapat kepercayaan dari Dinas Kesehatan Taput.

Kepala Dinas Kesehatan Taput, Alex Gultom mengatakan bagi yang telah selesai divaksin akan diberi Sertifikat Vaksinasi Covid-19, dari Penanganan Ekonomi Nasional (KPC PEN), sebagai bukti orang yang bersangkutan sudah divaksin Covid-19.

Kegunaannya, apa bila hendak bepergian keluar daerah tidak perlu lagi rapid tes ataupun swab, namun tetap melaksanakan protokol kesehatan, sampai ada pemberitahuan resmi dari pemerintah yang menyatakan bebas, pungkas Alex. (Harapan Sagala)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *