Dua Rumah di Desa Ekin Kabupaten Belu, Nyaris Terbawa Longsor

IMG-20240310-164257

Belu, TRIBRATA TV

Curah hujan yang berkepanjangan mengguyur kabupaten Belu dan sekitarnya menyebabkan dua rumah warga di Desa Ekin Kecamatan Lamaknen selatan nyaris terbawa longsor. Hal ini disampaikan Kepala Desa Ekin, Finsensius Luan pada Sabtu (04/02/2023).

IMG-20240227-124711

“Dari awal Januari 2023 hingga awal Februari ini terjadi curah hujan yang sangat tinggi akibatnya dua rumah warga di Dusun Koin nyaris terbawa longsor,” ungkap Finsen.

Dikatakannya rumah milik Julianus Loy dan Matheus Bere yang dibangun menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2018 mengalami retak hingga di dalam rumah. “Posisi rumahnya saat ini berada ditengah-tengah tanah yang sudah tidak stabil,” imbuhnya.

Lanjutnya jika curah hujan masih terus berlanjut maka dampaknya tanah akan bergerak dan longsor sehingga rumah warga ini tidak bisa diselamatkan. “Kondisi ini sangat mengkawatirkan penghuninya sehingga saya bersama aparat desa mengevakuasi kedua keluarga ini untuk mengungsi untuk sementara tinggal di rumah warga lainnya, mengingat untuk saat ini curah hujan masih sangat tinggi,” ujarnya.

Disampaikannya juga akibat terjadinya bencana longsor ini warganya mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah

“Dilihat dari kondisi yang ada kerugian warga saya ini sekitar ratusan juta rupiah, oleh karena itu saya sebagai kepala wilayah akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Belu untuk dapat memperhatikan warganya yang mengalami bencana ini,” pungkasnya. (Hengki)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *