Bupati Sitaro: Muliku Wanua, Budaya yang Harus Dilestarikan

IMG-20240409-WA0076

Sitaro, TRIBRATA TV

Budaya Muliku Wanua merupakan salah satu budaya masyarakat yang ada di Pulau Tagulandang yang dilaksanakan setiap tahun.

IMG-20240227-124711

Budaya ini, merupakan ajang bersilahturahmi antar sesama masyarakat seiring dengan menyambut serta menjalani tahun baru yang baru dengan berjalan mengelilingi Pulau Tagulandang.

Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen, Wakil Bupati Drs John H Palandung, M.Si, bersama Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara pun secara langsung menghadiri dan membuka kegiatan Budaya Muliku Wanua tahun 2023 di Wilayah Tagulandang, Minggu (22/01/2023).

Bupati perempuan panutan ini juga mengingatkan agar senantiasa mewariskan dengan baik budaya Maliku abanua karena ini adalah satu budaya yang benar-benar sangat baik adanya yang patut dilestarikan setiap tahun sebagai agenda Pemerintah Daerah.

“Sebab budaya ini sudah ada sejak dahulu kala, yang dilakukan untuk saling mengunjungi saudara kita, memupuk tali persaudaraan serta membina kekeluargaan dalam suatu kebersamaan,” ujar Sasingen.

Dilanjutkan dengan acara selanjutnya yakni penyerahan bantuan kepada lansia, masyarakat kurang mampu, ibu hamil juga anak anak stunting.

Terlihat mulai dari pejabat, ASN, pun masyarakat menyatu bersama dalam kebersamaan ajang Muliku Wanua.

Peserta Maliku Wanua ini pun berjalan kaki beriring iringan mengelilingi Pulau Tagulandang dari kampung ke kampung. Tidak hanya berjalan kaki namun juga diisi dengan nyanyian nyanyian, tarian masamper, dan penampilan kesenian lainnya.

Senada dengan itu Anggota DPRD Provinsi Sulut Toni Supit disela-sela acara Muliku Wanua, pun turut memberikan bantuan kepada para lansia juga masyarakat kurang mampu.

Bupati Sitaro dua periode ini juga menyampaikan bahwa dalam kesempatan Muliku Wanua tersebut dirinya memberikan bantuan yang berasal dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam rangka perayaan HUT PDI Perjuangan yang ke 50 tahun, juga dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Melalui rangkaian acara Muliku Wanua, Bupati dan rombongan pun berkunjung ke Kecamatan Tagulandang Selatan.

Kunjungan tersebut disambut baik oleh pemerintah Kecamatan Tagulandang Selatan, khususnya di Kampung Kiama. Bantuan sembako pun diberikan kepada para lansia di Kampung Kiama. Terpantau juga ada pembangunan gedung gereja di Kampung ini.

Terkait itu Polo Dundang Sitaro ini menjelaskan terkait pembangunan GMIST Jemaat Patmos Kiama akan dibantu pemabngunannya oleh pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sitaro serta Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey.

Selain Bupati Evangelian Sasingen dan Wakil Bupati Jhon Palandung. Juga turut bersama dalam acara Muliku Wanua ini, Anggota DPRD Sulut Tony Supit, Ketua DPRD Sitaro Djon Ponto Janis bersama Anggota DPRD lainnya, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Denny Kondoj dan Ketua DWP Kabupaten Sitaro, Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Kepala Bagina Setda, Camat, Lurah dan Kapitalau se Sitaro, ASN, BUMN, BIMD, dan masyarakat pun turut berbaur bersama dalam indahnya kehangatan ajang Muliku Wanua.

(adv)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *