IMG-20240409-WA0045

Isu Penculikan Anak Merebak, Kapolres Kubu Raya Ajak Warga Cakap Bermedia Sosial

IMG-20240409-WA0076

Kubu Raya, TRIBRATA TV

Isu penculikan anak yang gencar tersebar di media sosial membuat resah warga Indonesia termasuk di Kabupaten Kubu Raya. Dunia digital yang tidak memiliki ruang ini telah menjadi dunia nyata kedua bagi manusia.

IMG-20240227-124711

Karenanya perlunya kecakapan dalam bermedia sosial karena memiliki sisi negatif dan positif agar tidak termakan isu yang menyesatkan.

Merespon maraknya isu penculikan anak di jejaringan sosial beberapa hari ini Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat, melalui Kasubsie Penmas, Aipda Ade meminta masyarkat untuk tidak mudah termakan isu yang beredar di jejaringan media sosial maupun whatsapp yang diteruskan berkali-kali.

“Dampak kecepatan informasi melalui media sosial sangat luar biasa, segala bentuk informasi baik itu positif dan negatif biasa dengan cepat diketahui oleh masyarakat,” ujarnya.

Sehingga dalam menerima informasi itu, warga hendaknya mengklarifikasi sumber data, fakta dan mengonfirmasinya kepada yang memberikan informasi tersebut sebelum meneruskan atau mengupload di jejaringan media sosial, agar tidak menimbulkan kegaduhan dan kecemasan di masyarakat, pinta Ade, Kamis (2/2/2023).

Namun begitu, Polres Kubu Raya menghimbau kepada seluruh warga untuk tetap mewaspadai dengan melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal.

“Sampai saat ini belum ada warga yang melaporkan kepada pihak kami mengenai kasus penculikan anak,”katanya.

Kapolres sudah memerintahkan Polsek jajaran untuk memonitor secara berkala tempat-tempat rawan tindak kejahatan dan mengimbau masyarakat melalui Bhabinkamtibmas agar memberikan rasa aman dan nyaman. “Jadi kami mohon masyarakat tidak panik berlebihan,” sambungnya.

“Kami mohon kepada warga jangan melakukan tindakan yang dapat terhukum, contohnya main hakim sendiri. Segera menghubungi kantor Polisi terdekat atau menghubungi Call Centre NAMPONG KELOH Polres Kubu Raya WhatsApp 08115684456 dan instagram @polreskuburaya @kapolreskuburaya jika ada orang yang mencurigakan, Polres Kubu Raya siap melayani masyarakat,”tegas Ade. (Hasan)

IMG-20240310-WA0073

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *